Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Cara JITU Mengatur Waktu untuk Gladiator PTN!

Artikel ini tidak ditulis oleh tim Pengen Kuliah. Artikel ini merupakan kiriman dari pihak ketiga. Pengen Kuliah tidak bertanggungjawab dengan isi konten yang ada di dalamnya. Silakan hubungi pihak penulis konten ini apabila diperlukan.

Cara JITU Mengatur Waktu untuk Gladiator PTN! Kelas 12 WAJIB Baca & Praktekkan!


Berikut kami bongkar strategi dan teknik manajemen waktu terutama untuk Gladiators PTN baik itu Alumni maupun kelas 12.

Kita fokus ke subjek kelas 12 di mana yang mereka rasakan mayoritas penat dengan seabreg kesibukkan.

Berapa banyak siswa kelas 12 yang masih terlibat aktif bahkan superaktif di organisasi padahal mereka seharusnya sudah mulai fokus ke dunia PTN (SNMPTN maupun Ujian Tulis PTN) atau dunia karir (apabila ingin langsung ke dunia karir) apalagi dunia bisnis yang sejujurnya hampir tidak dipelajari di dunia SMA kecuali untuk SMK dengan Jurusan Bisnis atau SMA Nasional Plus atau SMA Internasional.

Bukan tidak boleh, tapi seharusnya pihak sekolah terutama pembina eksul memberikan waktu untuk retire kepada kelas 12 agar tidak lagi terlibat di dunia organisasi sekolah/ekskul, agar kelas 12 lebih terfokus ke dunia PTN.

Parahnya lagi banyak guru yang terbiasa membebankan seabreg tugas kepada siswa kelas 12 dengan dalih untuk persiapan UN sementara para gurunya sendiri lebih banyak jarang mesuk dan memberikan penjelasan mendetail isi materi pelajarannya. Mayoritas hanya based on the book. Ini bahaya sekalipun dengan dalih karena sistem kurikulum yang berlaku seperti itu.

Akibatnya, kelas 12 terbiasa menghafal bukan belajar konsep dasar, mereka banyak menghabiskan waktu hingga tengah malam mengerjakan tugas karena banyak pelajaran di hari yang sama dan dijadikan tugas serta parahnya lagi hanya selang beberapa hari pelajaran tersebut kembali bertemu. Kebayang dan masih merasakan gak sih beban berat itu? :)

Sekolah dan guru juga tidak banyak mengajarkan secara praktis manajemen waktu yang tepat untuk otak belajar siswa di rumah, mereka seolah tak mau tahu yang jelas tugas yang dibebankan harus dikerjakan padahal hanya satu dua siswa yang sungguh-sungguh mengerjakan tugas tersebut, sisanya ya biasa dengan budaya copy paste. Ini akibat terlalu banyak belajar teoritis, tidak banyak mengajarkan habbit positif dalam kehidupan nyata.

Akibat dari pola seperti ini, otak, mata, dan kesehatan siswa mudah lemah karena mereka diporsir menghabiskan waktu hingga dini hari untuk mengerjakan tugas, takut kalau nilai mereka menurun drastis gara-gara tidak mengerjakan tugas, parahnya lagi tugas-tugas tersebut kadang tidak ada hubungannya dengan UN apalagi dengan target ke PTN.

Padahal, waktu UN hanya sebentar lagi, SNMPTN pun hanya seiprit guru dan pihak sekolah yang mengerti strateginya, mayoritas hanya percaya dengan rumor tingkat kelulusan alumni, nilai raport yang growth up, prestasi sepuluh besar, kelas RSBI, atau sejenisnya sehingga kadnag tak jarang memvonis siswa yang tidak masuk kategori tadi untuk memenangkan perjuangan SNMPTN.

UN apalagi, siswa dihantam dengan pengayaan hingga sore hari, namun uniknya siswa tetap saja keloyongan pas TO dengan kehadiran soal yang baru baik dari segi redaksi, pola, konsep, atau sejenisnya. Jelas, karena siswa banyak tidak diajarkan Konsep Dasar, lebih banyak menghafal rumus atau terbiasa dengan istilah rumus cepat atau,

"Kalau nemu soal kayak gini, pake rumus yang mana ya? Yang ini apa yang itu?".

Itu baru UN, apalagi Ujian Tulis PTN, yang tidak bisa dengan bantuan rumus langsung, tidak bisa dengan kebiasaan rumus-rumus cepat.

Ada yang lebih unik namun sudah lumrah dalam UN, sekalipun siswa dalam TO-TO UN yang diadakan hanya satu dua yang lulus, tapi pas UN mah tetap lulus 100%.

Do you feel there like get something weird, right?

==> "Nilai biologi kamu bagus terus, udah ambil FK PTN X aja."

Lha, emang iya gitu bisa maen hantam gitu strateginya? Jelas tidak!

==> "Kamu nilainya naik turun, apalagi kamu, iya kamu yang nilainya turun terus, gak mungkin kamu lolos SNMPTN."

Bah, mudah sekali men-judge siswa gagal padahal strateginya saja belum diketahui, toh faktanya bagi yang tidak tahu strategi di luaran sana banyak siswa jenius yang nilainya naik terus tapi gagal dalam SNMPTN. Strategi yang salah.

==> "Kamu kan bukan peringkat 10 besar, jangan maksain diri ikutan SNMPTN, ujung-ujungnya juga bakal gagal."

Kasihan sekali anak yang sedang berusaha memimpikan masuk PTN jalur SNMPTN langsung divonis gagal hanya karena nilai yang zig zag.

==> "Jangan ambil prodi dan PTN itu dong, kan di sana belum ada alumni yang masuk."

Berarti ketika SNMPTN pertama kali dibuka gak akan ada Camaba yang diterima dong karena belum ada alumni sama sekali.

Berarti ketika ada jurusan baru dengan peluang besar nan jelas serta prospektif, gak akan terpenuhi dong kuota di prodi tersebut karena belum ada alumni yang masuk di prodi tersebut.

==> "Kamu banyak memiliki piagam dan sertifikat, ikutan SNMPTN itu faktor bagus lho agar kamu bisa diterima."

Berarti yang gak punya sertifikat dan piagam gak bisa masuk dong, berarti yang hanya dengan memiliki piagam dan sertifikat saja dengan mudah bisa ‪#‎TembusSNMPTN‬ dong.

Betul, SNMPTN itu jalur paling "INSTAN" dan paling "SURGAWI"!

Hanya modal otak-atik nilai raport, tanpa biaya pendaftaran, kuota kursi disediakan paling banyak dari semua jalur masuk PTN yang ada, waktu diadakan paling awal sehingga kalau pun gagal baru berhadapan dengan Ujian Tulis PTN, dan lebih surgawi lagi ketika proses ini itunya melibatkan total pihak sekolah.

NIKMAAAAAT........!

Hampir semua kalimat negatif atau vonis di atas adalah rumor, lebih tepatnya malah bisa jadi HOAX. Dan parahnya lagi banyak siswa yang mengimani dan mempraktekkan rumor-rumor fatala di atas, akhirnya mereka telah menciptakan kegagaln sendiri dan tebrukti GAGAL dengan snagat CEPAT.

Ujung-ujungnya malah menyalahkan Tuhan karena gak adil, atau ada juga yang bilang kalau #TembusSNMPTN itu hanya untung-untungan.

Pihak sekolah, Bapak/ibu Guru, mari selamatkan dan tingkatkan kelulusan siswa Bapak/Ibu #TembusSNMPTN dengan strategi yang benar.

Kami berikan strategi GRATIS-nya yang sudha TERUJI dan TERBUKTI oleh para binaan kami di tahun perdana tepatnya tahun kemarin kami me-launching Program #TembusSNMPTN.

Baiklah agar tidak berbasa-basi, silakan langsung Bapak/ibu atau kalian para Camaba pelajari, evaluasi, modifikasi, serta praktekkan bertubi-tubi strateginya di lini ini:


Well, kembali ke topik utama masalah "Time Management for Gladiators PTN".
Mari kita lakukan breakthrought berikut ini agar hemat waktu, tenaga, pikiran, bahkan materi namun hasilnya tetap BOMBASTIS dan UNLIMITED efeknya.

1. Belajarlah di waktu yang TEPAT bagi kesehatan Otak, Mata, dan Tubuh lain.

Belajarlah di malam hari mulai jam 8 hingga jam 9 malam, cukup satu jam saja. Usahakan belajarnya yang ringan-ringan, review saja bukan harus otak-atik rumus karena di saat itu mata, otak, dan anggota badan lain sudah sangat lelah, apalagi bagi kalian yang setiap hari tidak bisa lepas dengan gadget.

Tak jarang anak yang belajar mati-matian hingga dini hari, akhirnya mereka ketika di sekolah kelelahan, mata juga mulai menurun kualitasnya, jelas kebiasana ini akna bahaya bagi kesehatan.

2. Jauhkan gadget ketika istirahat, matikan saja atau apabila gadgetnya pas di-charge tetap menyala (seperti seri Lumia), tetap jauhkan dan mute-kan saja semua nadanya.

Lebih baik terlalu over merhatiin pacar dengan pang ping pong dan chat sana-sini atau fokus kejar target dan istirahat yang cukup? Berlaku adillah untuk jiwa dan raga.

3. Bangunlah tepat dini hari untuk berdoa, ibadah, dan belajar "ekstrem" karena saat itu adalah momentum paling PAS untuk kondisi otak, mata, serta anggota badan lain.

4. Belajarlah dengan Teknik "Konsep Dasar" bukan dengan terbiasa menghafal, menghafal rumus, atau dengan terbiasa menggunakan rumus cepat sesat.

Belajar dengan menggunakan konsep dasar akan membiasakan diri tahu detail darimana suatu konsep muncul dan bagaimana mengotak-atiknya.

Rumus cepat justru asal mulanya dari konsep dasar, kalau sudah kuat konsep dasar kalian mampu membuat rumus cepat sendiri dan seberapa susah pun soal-soal yang kalian hadapi (terutama soal-soal SIMAK-UI) akan tetap mampu dikerjakan dengan efektif dengan terbiasa menggunakan konsep dasar.

Konsep dasar emang ngebutuhin waktu ekstra di awal-awal, tapi kalau sudah terbiasa sekalipun soal-soal SIMAK UI atau soal olimpiade akan tetap cepat dikerjakan.

5. "Berontaklah" Ketika Sesuatu itu Bertolak Belakang dengan Diri Sendiri.

Pilah dan pilih tugas mana yang benar-benar dibutuhkan dalam UN, SNMPTN, dan Ujian Tulis PTN atau hanya mengejar nilai dari guru namun puyeng tujuh keliling karenanya apalagi setelah capek-capek dikerjakan lalu dicontek dengan gampang oleh teman-teman sekelas yang sudah antri menunggu di depan pintu kelas.

Tanyakan sama guru, kenapa jarang masuk? Kenapa jarang memberikan penjelasan konsep dasar dan hanya terbiasa memberi tugas apalagi tugas yang malah membutuhkan biaya seperti harus ngetik, ke warnet, ngeprint ini itu padahal tidak ada hubungannya sama sekali dengan UN, SNMPTN, atau Ujian tulis PTN bahkan sama sekali seolah tidak dibutuhkan untuk masa depan.

6. Biasakan Menyeimbangkan Konsumsi Otak.

Perbanyak dan biasakan menikmati musik yang mampu meningkatkan kinerja otak kanan, seperti musik semangat, instrumen rileksasi, dsj.

7. Jangan mudah baper, jangan mudah takut hanya dengan menerima dalih,
"Kalau kamu gak ngerjain tugas ini, maka nilai kamu akan merah."

8. Perbanykalah belajar Strategi terutama untuk SNMPTN dan Ujian Tulis PTN.

Jujur apalagi dalam Ujian Tulis PTN kalian akan berhadapan dengan banyak mapel dan materi mapel yang ketiak di SMA tidak pernah berhadapan sama sekali seperti TPA, sekalipun ada bab yang dipelajari namun sangat beda jauh dan tidak mendalam sementara kalian dibenbakan banyak tugas, oragniasi/ekskul, takut dengan UN namun SNMPTN dan ujian Tulis PTN seolah diabaikan. Padahal tingkat kesulitan dan efeknya jauh lebih berat SNMPTN dan SBMPTN dibandingkan UN dan Ujian Sekolah.

Kamu bisa menyimak perbedaan INTI dari para binaan kami dengan yang di umum di luaran sana di link ini:


9. Perbanyak TO dulu bukan penguasaan materi dulu.

Ingat, waktu prepare buat SBMPTN itu sebentar apalagi bagi kelas 12 yang didoktrin untuk fokus ke UN sementara materi di Ujian Tulis PTN seabreg yang tidak ada di SMA. Kalau fokus ke penguasaan materi terus gak akan terkejar semua mapel dan BAB dan jujur otak pun ada daya tampungnya, gak bakal bisa menyerap semua materi pelajaran, justru akan terbalik, mudah lupa.

Kami justru mengajarkan RAMUAN JITU dari TO dulu, dianalisis dan di-breakdown hasilnya ke Tabel GAP Analisis, TO lagi hingga total minimal 3x TO, lakukan analisis dan breakdown lagi dengan bantuan Tabel GAP Analisis, maka kalian hanya akan fokus ke Mapel dan Materi yang benar-benar belum kalian kuasai sehingga kalian benar-benar fokus.

Akibatnya kalian mampu mencapai angka target prodi lulus hanya dengan minimal 3x TO, swear itu TERBUKTI.

Kalian pasti gak akan percaya tanpa ada bukti nyatanya, bukan? Perlu bukti? Silakan langsung akses di lini ini ya:


10. "Jangan Mudah Tergiur" dengan tawaran buku-buku kumpulan soal, TO Akbar, TO Online dsj.

"Kuatkan" iman kalian terutama belajar hematlah dalam masalah uang.

Ingat, kalau butuh kumpulan soal dan pembahasan gak usah beli, di internet juga melata. Jangan gampang tergiur dengan tawaran buku berjudul "Jaminan LULUS", "Garansi", dsb.

Ingat, ikutan TO, beli buku-buku kumpulan soal itu pake uang lumayan banyak, apalagi nanti kalau ikutan Ujian Tulis PTN lebih dari satu jenis, belum biaya untuk pendaftarannya, belum biaya untuk beli alat tulis ujiannya, belum untuk akomodasi, konsumsi PP ke lokasi ujian dll.

Banyak banget ngeluarin uang lho.

Ingat:
- Too many TOOLS make you FOOL!
- Too much MOTIVATIONS make you DOWN!
- Too many REFFERENCIES make NONSENSE!

Coba cek fakta NYATA dan MENCENGANGKAN mengenai hal tersebut di link ini:


11. Mulai memperbanyak refreshing HEMAT.

Paling enak itu ya pergi menjelajah alam sambil mengevaluasi diri betapa kecilnya kita di hadapan Tuhan dengan keindahan segala sesuatu kreasi Tuhan di alam ini, pikiran akan sangat fresh, kita akan teriasa mencintai alam tanpa merusaknya, terbiasa memungut dan membawa sampah, nambah jaringan silaturahmi, dll.

Mau lebih banyak STRATEGI Masuk PTN Favorit?
Langsung akses aja di lini ini ya:


Sampai jumpa di PTN Favorit ya, pastikan tahun ini adalah tahun kamu untuk LOLOS dan BERTENGGER di PTN Favorit kamu.

Join and follow us for FREE & UNLIMITED sharring on Fanspage Quadrant International




Quadrant International

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :