Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Rahasia Rebutan Kursi PTN

Yuhuuuuuu…. Ada yang abis gagal? Abis ditolak PTN? Udah move on? Cup..cup..cup… atau ada juga yang lagi persiapan buat perang masuk gerbang PTN? Udah sampai mana persiapannya? Atau malah ada yang masih galau milih jurusan? Jangan-jangan malah bingung juga mau kuliah dimana? Nah loh??? Apa ada juga yang masih minta restu orang tua buat lanjut kuliah? Emmmm…emmm…emmm...

Artikel ini dikirim oleh :
@sitma_fuah on twitter
Siti Marfuah on FB
085747352347 on Whatsapp

Buat yang masih gagal tahun ini, jangan sedih, buang semua kesedihanmu itu, balas dendamlah dengan belajar dan berdoa lebih keras lagi. Masih dengerin ocehan dan hujatan orang  gara-gara ga ketrima kuliah? Buat apa di dengerin, ga guna cyiinn. Jangan-jangan masih ada yang nangis nih? Mau ngabisin berapa pack tisu coba? Adanya cuma nambah-nambahin polusi tuh, tisu bekas air matamu yang kamu keluarin abis-abisan gara-gara baru gagal tembus PTN. Gitu kan ya? Oke PLEASE STOP !!! Nggak guna mikirin kegagalan terus, yang ada kamu ga bakal maju-maju. Masih ada dua tahun tersisa kan, kesempatanmu buat ikutan seleksi masuk PTN lagi? So, ngapain masih merenung gitu? Let’s move !!!
Buat yang masih persiapan, mungkin baru tahun ini mencoba ikut seleksi? Cieeeee… masih unyu. Boleh kok masih santai-santai dulu, soalnya kemarin abis mikir keras buat UN ya. Ga masalah sih, malah kamu ngasih kesempatan buat lawanmu kok, kasih kesempatan lawanmu buat berhasil. Mau? Karena disaat kamu santai-santai kayak di pantai gitu, bisa aja lawanmu udah mempelajari satu bab materi ujian masuk PTN. Mak Jleb #mikikeras kan jadinya?
Buat yang masih prepare UN+Mikir juga gimana supaya tembus PTN, WAOOOWWW….. itu bagus banget, pikirannya udah maju, udah dewasa lho, harus bisa baca-baca situasi, atur strategi, jalankan misi, tunjukkan aksi, #halahbahasanya.
Beruntung banget kalian sekarang semakin dipermudah dengan adanya teknologi, asal kalian jago buat ambil manfaatnya lo ya? Kayaknya bakalan lama ini baca tulisanku yang acak-acakan ini, kalo aku saranin mending cari waktu yang bener-bener luang supaya sekali baca langsung ngeresep *ngeresep  obat pak? hahaha… *lupakan. Sebelum makin kebawah bacanya, mending kuatin hati dulu deh buat yang belum ikhlas bener baca ocehan ga jelas ini, wkwkwk.
Oke, posisiku pas nulis ini ceritanya baru aja jadi maba. Maba bangkotan, maba tua, hihihi. Because, aku ga seberuntung yang abis lulus langsung kuliah. Oh tidak, banyak sekali proses menakjubkan yang aku alami #halah. Mulai dari ditolak PTN, ga cuma sekali. #EMPAT kali Sob. Bayangkan, berapa liter air mata untuk menyambut hal menyedihkan itu *lebay.Tapi aku masih bersyukur lo gini-gini, walaupun awalnya berat, iya, berat abis, gimana ga coba, kalau pas di jalan gitu ya, liat yang lagi berangkat bawa perlengkapan buat ospek, pake almamater baru, yang warnanya masih kinclong belum pudar, rasanya tuh ya, nyesek abis. Ditambah lagi kalau lagi kumpul sodara sering ditanya-tanyain. Berasa belum bisa buat bangga orang tua aja gitu, pas ditanya selalu jawab “belum”. Sedihnya. Hiiiikksss. Udah gitu ga move on move on akunya, adanya cuma nenthink dan suudzonan aja. *cukup ya, aku jadi ksbb (kelingan sing biyen-biyen) wkwkwk, baca aja “keinget yang dulu-dulu”. So, mau tau ga kenapa aku bisa gagal, baik kita mulai, ini dia :
1.    Ga bakti sama orang tua
2.    Main-main sama ibadah
3.    Jarang belajar
4.    Ga siap materi
5.    Ga siap mental
6.    Ga tau strategi
7.    Ga bisa jauh dari yang namanya HP
8.    Mulainya belajar ujian tulis setelah ga lolos SNMPTN
9.    Kebanyakan beli buku drilling soal (3 buku paket soal lengkap, 1 buku khusus materi soshum, 1 buku khusus TPA, 1 buku khusus soal soshum, dan masih banyak lagi, kalo di total bisa buat kredit HP, hahaha)
10.  Belajarnya langsung main hajar soal
11.  Kebanyakan nyari motivasi alhasil jadi lupa diri, soalnya ga cepet-cepet jalanin aksi

Itusih beberapa kesalahan yang sebenernya bisa diubah, jadi misal ada yang lagi ngalamin begituan, segera tobat deh aku saranin. Sebelum kalian keok alias KO alias mati kutu lagi gara-gara gagal. Yoyoyo…!!! Move, move, move….!!! Trus sekarang, saatnya aku nulis beberapa hal yang sebenernya ngefek apa engga kalo dibilang strategi keberhasilan, aku juga ga tau, hihihi.
Pertama, awal banget pas sampe bener-bener aku ga ketrima di PTN. Aku lebih milih nyari kerja, mikirnya sih supaya nyibukin diri gitu, supaya ga berlarut-larut dalam kesedihan *asik. Eittss tapi ada tujuan mulia juga, selain buat kabur dari omelan Ortu gegara kegiatannya cuma glundang glundung ga jelas di kasur, kayak jualan semangka, duit hasil kerja dikumpulin buat beli buku dan daftar bimbel *eseeehhh. Kelaksana kah? Engga, hehehe, lebih milih ga bimbel, sayang banget sama duinya, mending buat menghibur diri, ah elah, jangan nethink dulu gitu, menghibur dirinya lebih ke beli baju, makan enak sama keluarga dan temen, duhhhh gitu banget ya akunya. Hahaha, tapi kalau buat beli buku, tetep kelaksana, tapi ga sebanyak yang kemarin juga. Sayang beli buku banyak, tapi satu soal pun ga da yang keluar di SBMPTN ataupun UM. Di tahun kedua berjuang aku lebih milih beli buku soal dan pembahasannya Om Jero, Buku Wangsit, yuhuuu bener banget. Apalagi sama Om Jero, misal kita mau nanya-nanya juga dilayanin. Trus masalah bimbel, tanpa bimbel tetep bisa lolos kok, ditambah lagi ada fakta, ada juga yang ikut bimbel tapi ga lolos, nahloh? Milih mana?
Kedua, ga tau kenapa, pas lagi buka facebook, tiba-tiba .....

Baca selengkapnya di sini!
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :