Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Peserta Gema Mahasiswa Matematika UPI 2015 mencapai 1133 Siswa

Sabtu, 21 November 2015 merupakan hari dilaksanakannya babak penyisihan 2 lomba Cerdas Cermat Matematika (CCM) dan Cerdas Tangkas Matematika (CTM), dalam rangkaian acara Gema Mahasiswa Matematika UPI 2015 yang bertempat di Universitas Pendidikan Indonesia kampus Bumi Siliwangi.  Babak penyisihan 2 ini diikuti oleh sekolah-sekolah yang telah lolos seleksi  babak penyisihan 1 sebelumnya yang dilaksanakan di berbagai daerah se-pulau Jawa. Peserta beserta guru pembimbing sangat antusias mengikuti tahap penyisihan 2 ini. Registrasi ulang mulai pukul 07.00 WIB dan para peserta sudah tampak hadir sebelum registrasi dibuka.
       Tak hanya perlombaan CCM dan CTM saja, pada rangkaian acara Gema Mahasiswa Matematika UPI ini juga terdapat acara pengenalan media pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa Pendidikan Matematika  yaitu OMIM (Open Mathematics Instructional Media). Dalam acara ini para siswa diperlihatkan bagaimana matematika dapat dipahami secara konkret melalui media pembelajaran yang asyik dan menyenangkan. Selain diperkenalkan, media pembelajaran matematika ini pun diperlombakan untuk para mahasiswa dalam acara KMPM (Kompetisi Media Pembelajaran Matematika). KMPM sendiri diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa se-Pulau Jawa dimana setiap kelompoknya yang terdiri dari 3 orang diharuskan terlebih dahulu mengirimkan karyanya terkait media pembelajaran matematika serta mempresentasikan alat peraga yang telah dibuat.
          Bagi peserta KMPM yang lolos 5 besar penilaian pemenang juara dilakukan oleh juri yang memang sudah profesional di bidang ini, yakni Dr. Hj. AdeRohayati dan  Dr. Nurjanah, M.Pd yang merupakan Dosen Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia. Peserta yang berkompetisi bersal dari berbagai daerah se-Pulau Jawa mencerminkan bahwa GMM merupakan acara yang besar dan menarik untuk diikuti dan berisikan perlombaan yang tidak hanya menguji kemampuan penalaran matematika saja tetapi juga cara kita untuk mencari cara agar matematika mudah dan menarik di pelajari melalui media pembelajaran.
Peserta CCM sedang bekerja berunding dan bekerja sama untuk mencari solusi dari permasalahan yang diberikan.  Peserta CTM yang sedang mendengarkan aturan pelaksanaan lomba. Dibabak penyisihan 2 ini setiap regu yang terdiri dari 3 orang bisa bekerja sama untuk mengerjakan soal,  berbeda dengan babak penyisihan 1, dimana soal yang di berikan dikerjakan secara perorangan. Setelah lolos dari babak penyisihan 2, peserta yang lolos masuk ke tahap selanjutnya yaitu babak semi final yaitu 9 regu untuk lomba Cerdas Cermat Matematika dan 10 regu untuk lomba Cerdas Tangkas Matematika.
Peserta yang lolos ke babak semifinal mengikuti perlombaan dengan format Rengking 1, baik peserta CCM maupun CTM formatnya sama. jika jawaban peserta benar maka akan mendapatkan 100 poin dan jika jawabannya salah maka mendapat pengurangan nilai sebanyak 50 poin atau minus 50. Dan setelah mengarungi persaingan yang cukup sengit, akhirnya peserta yang lolos ke tahap final adalah dari sekolah:
SMP(Cerdas Cermat Matematika)                                          SMA(Cerdas Tangkas Matematika)
SMPN 1 CIMAHI                                                                  SMAK 1 BPK PENABUR
SMPN 1 CIMAHI                                                      SMAN 3 BANDUNG
SMPN 1 CIREBON                                                   SMA DWIWARMA
Minggu, 22 November 2015 merupakan puncak dari rangkaian acara Gema Mahasiswa Matematika UPI 2015. Hari itu merupakan hari dilaksanakannya Final CTM dan CCM yang dilaksanakan di auditorium FPMIPA UPI. Pukul 07.00 peserta CTM dan CCM yang lolos babak final mulai registrasi ulang. 07.30 acara dibuka oleh MC dan disambung dengan pembacaan tilawah.
Setelah tilawah barulah final Cerdas Cermat Matematika di mulai terdapat beberapa tahap dalam babak final ini yaitu ada soal utama, soal lemparan, soal tawaran, dan soal rebutan. Babak final CCM kali ini dijurii oleh dosen berpengalaman yaitu Bapak Sugiri dan Bapak Al-Azhari Masta. Setelah semua soal dibabat habis oleh peserta dan diakumulasikan didapatlah para juara Cerdas Cermat Matematika yaitu: Juara 1 diraih oleh Regu B dari SMPN 1 Cimahi dengan perolehan skor 725, Juara 2 diraih oleh Regu A dari SMPN 1 Cimahi dengan perolehan skor 325, dan juara 3 diraih oleh regu c dari SMPN 1 Cirebon dengan perolehan skor 125.
            Peserta Final Cerdas Tangkas Matematika mulai menaiki panggung siap untuk berkompetisi di babak final ini. Tak jauh berbeda dengan babak final CCM, final CTM juga terdapat beberapa tahap penilaian yaitu soal presentasi, soal utama, soal lemparan, dan soal rebutan. Juara CTM 2015 tidak langsung diumumkan karena skor soal presentasi masih di rahasiakan, menambah ketegangan para peserta dan penonton yang hadir di auditorium FPMIPA. Pengumuman juara CTM diumumkan ketika pemberian hadiah pada saat pengumuman seluruh juara perlombaan Gema Mahasiswa Maematika UPI 2015.
Tibalah acara puncak penutupan acara GMM yang di pandu oleh MC. Acara ini dimulai dengan pembacaan tilawah dan sambutan-sambutan juga terdapat laporan kegiatan GMM oleh ketua pelaksan didalamnya dilaporkan peserta yang ikut berkompetisi dalam perlombaan Gema Mahasiswa Matematika yaitu: Math Games 82 regu, CCM 99 regu, CTM 110 regu, KMPM 9 regu, OMIM 42 siswa, dan LEMNAS 33 siswa, dengan total seluruh peserta mencapai 1133 siswa yang ikut berpartisipasi. Setelah sambutan-sambutan saatnya pengumuman juara.
Pengumuman pertama untuk perlombaan LEMNAS Juara 1 diberikan kepada M. Mulki Abdul Azis, Juara 2diberikan kepada Qori Aulia Ulfa, Juara 3 diberikan kepada Alisya Putri Shabrina, dan Juara favorit diberikan kepada Resti Silviani. Hadiah yang diberikan berupa trophy, sertifikat, dan uang pembinaan.
Pemgumuman kedua yaitu perlombaan KMPM hadiah yang diberikan berupa trophy, sertifikat, dan uang pembinaan. Juara 1 diberikan kepada IAIN Syeikh Nurjati Cirebon, Juara 2 diberikan kepada PGSD UPI Kamda Purwakarta, dan Juara 3 diberikan kepada STKIP Siliwangi Bandung.
Pengumuman ketiga yaitu perlombaan Math Games, Juara 1 diberikan kepada SDK BPK Penabur, Juara 2 diberikan kepada SD Ar-Rafi Baleendah, Juara 3 diberikan kepada SDI Darul Hikam, dan Juara Favorit diberikan kepada SD Nilem. Hadiah yang diberikan berupa trophy, sertifikat, uang pembinaan, dan piala bergilir walikota
Pengumuman keempat yaitu perlombaan Cerdas Cermat Matematika, Juara 1 diberikan kepada SMPN 1 Cimahi, Juara 2 diberikan kepada SMPN 1 Cimahi, dan Juara 3 diberikan kepada SMPN 1 Cirebon. Hadiah yang diberikan berupa trophy, sertifikat, uang pembinaan, dan piala bergilir gubernur.
Pengumuman kelima yaitu perlombaan Cerdas Tangkas Matematika, Juara 1 diberikan kepada SMA Dwiwarna Bogor, Juara 2 diberikan kepada SMAN 3 Bandung, dan Juara 3 diberikan kepada SMAK BPK 1 Penabur. Hadiah yang diberikan berupa trophy, sertifikat, uang pembinaan, dan piala bergilir KEMENDIKBUD.
Setelah semua hadiah dibagikan kepada semua juara GMM UPI 2015 semua peserta dan penonton di pertontonkan sebuah persembahan dari panitia berupa Video napak tilas acara Gema Mahasiswa Matematika tanggal 8 sampai 22 November 2015. 
Berakhirlah rangkaian acara Gema Mahasiswa Matematia UPI 2015, selamat kepada para juara GMM UPI 2015 dan terimakasih kepada seluruh peserta serta semua yang telah membantu berjalannya acara GMM UPI 2015 ini. Semoga dapat berkesan, sampai bertemu lagi di GMM UPI 2016 mendatang. Generasi Muda Mempesona 

Penulis: Distrik Publikasi GMM UPI 2015
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :