Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Untuk Apa Kuliah Segala? “Kuliah Mbarang Lapo?”

“Buat apa sih kuliah? Buat apa sekolah tinggi-tinggi? Buat apa? Buat apa? Tanpa kuliah aku juga bisa kerja. Tanpa kuliah aku juga bisa dapet duit. Tanpa kuliah aku juga bisa hidupin anak istri. Buat apa kuliah kalau ujung-ujungnya jadi pejabat dan korupsi? Buat apa kuliah kalau cuma bisa ngehabisin duit? Buah nggak bakal jatuh jauh dari pohonnya.” (dengan nada yang cukup mengejek, keras, bahkan mencaci)

Sungguh menyayat hati bukan kalau ada yang berkata semacam itu? Ya pertanyaan-pertanyaan maupun pernyataan di atas adalah kalimat yang subjektif (menurut saya). Karena pernyataan dan pertanyaan itu biasanya diucapkan oleh orang-orang tidak kuliah atau tidak ingin kuliah atau tidak berharap akan kuliah atau sangat benci dengan sekolah atau malas kuliah atau sudah sukses meskipun tanpa kuliah atau merasa cukup sukses meskipun tanpa kuliah atau keadaan-keadaan lain yang serupa. Pernyataan-pernyataan di atas bisa jadi benar, namun bisa juga salah. Relative. Tergantung dari individu yang melakukan.

Trus apa yang harus dilakukan ketika mendengar kalimat-kalimat tersebut? Jawabannya adalah Intropeksi Diri. Mari kita gali tujuan kita kuliah! Kita sekolah tinggi-tinggi sampai jenjang perkuliahan untuk apa? Apa hanya sekedar mendapatkan gelar semata? Jika seperti itu, berarti kemungkinan pernyataan yang menyebutkan bahwa “ujung-ujungnya jadi pejabat dan korupsi?” bisa menjadi benar. “Buat apa kuliah kalau cuma bisa ngehabisin duit?”. Pernyataan ini juga bisa jadi benar karena kita cuma mengejar gelar. Nggak ada tujuan sebenarnya yang akan dicapai.

Apakah kita kuliah hanya agar bisa bekerja ketika lulus? Ini juga perlu diluruskan. Bagaimana dengan pernyataan “Tanpa kuliah aku juga bisa kerja. Tanpa kuliah aku juga bisa dapet duit.”? Trus apa bedanya dong?

Lalu bagaimana kita? Intropeksi diri! Jika kamu hanya mencari gelar, jangan jadikan itu sebagai tujuan utamamu. Jika kamu hanya ingin bekerja ketika lulus, jangan persempit tujuan itu. Gelar akan kamu dapatkan secara otomatis kok. Ingin bekerja? Bekerja yang seperti apa? Apakah sama dengan pekerjaan orang yang memberikan statement “Tanpa kuliah aku juga bisa kerja.”. Kita harus lebih!! Jadikan statement itu sebagai cambuk agar kita tidak lengah dan membiarkan masa kuliah kita hampa tanpa hasil maksimal.
Seringkali ada yang mengatakan “Buah nggak bakal jatuh jauh dari pohonnya.”. Jadikan statement ini sebagai cambuk juga. Kita buktikan bahwa ...


“Buah yang sudah matang bisa diambil dari pohon sebelum terjatuh. Kemudian bisa dimanfaatkan. Dan derajat pohon itu akan meningkat karena telah menghasilkan buah yang bermanfaat.”
- Aditia Prasetio - Pengen Kuliah -


Tetapkan tujuanmu sekarang (jika belum)! Tujuan yang benar-benar membuatmu kebal dari segala pernyataan yang memojokkan. Gunakan masa kuliahmu semaksimal mungkin untuk mendapatkan pengalaman akademik maupun organisasi, pola pikir & wawasan yang lebih luas, sudut pandang yang lebih tepat, juga relasi (networking) sebagai modal untuk mencapai tujuan.

Semangat!!! Aku Pengen Kuliah!!! Aku Harus Kuliah!!!
Pengen Kuliah

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :