Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Tips Strategi Siap Lolos Ujian SBMPTN

Halo semuaaa. Gak kerasa yaa udah makin deket sama tes SBMPTN nih. Gimana kabar kalian? Gimana nih kabarnya yang naik kelas 12 sekarang? Pasti lagi pada menikmati masa-masa akhir di SMA yaa hehe.. Eitss.. tunggu dulu. Menikmati boleh tapi jangan terlena yaa. Karena apa? Kelas 12 adalah masa akhir dimana kalian bakal nentuin masa depan kalian lhoo..

Oya, ada rumor UN bakal diadain bukan Januari Februari gitu yaa. So, persiapin diri kalian ya buat UN. Ada yang gak kalah penting nih selain UN. Apa itu? Yapss.. masuk Perguruan Tinggi. Ntah mau PTN, PTS dan PTK itu terserah kalian hehe. Tapi buat kalian  yang pengen masuk PTN, jangan sampai gak tau yaa Gimana seleksi masuk PTN itu”. Kalo seleksi taun kemarin ada SNMPTN, SBMPTN dan ada juga UM. SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN gak pake tes. Jadi tenang aja yang pengen masuk lewat SNMPTN. Tapi... kalo keterima sih hehe. Karena peminatnya gak sedikit. Lebih baik kalian persiapan sama yang jalur tes aja, yaitu SBMPTN. Apa itu SBMPTN? SBMPTN adalah kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Apa sih itu? Gimana sih SBMPTN itu? SBMPTN adalah salah satu seleksi masuk PTN dengan jalur tes. Ada yang udah pernah baca-baca soal SBMPTN kayak apa nggak? Kalo kalian tau soal UN udah ngeluh, gimana kalian mau ngerjain soal SBMPTN(?) Karena soal SBMPTN 3x lipat lebih sulit dari UN. Wiihh, serem yaa. Jadi, buat yang kalian yang kelas 12 jangan main-main terus, ingat masa depan kalian lho. Jangan hanya belajar UN aja. Tapi belajar buat SBMPTN juga. Kalo kalian belajar SBMPTN, otomatis kalian juga udah belajar UN. Kalo kalian belajar UN, belum tentu kalian belajar SBMPTN juga. Jadi, lebih baik kalian persiapan juga buat SBMPTN sebaik-baiknya.

Sayangnya, banyak sekolah yang tidak memberikan materi pembelajaran buat SBMPTN. Rata-rata sih cuma UN terus yang dibahas. Padahal ada SBMPTN yang super duper bikin pusing pala (baca : kepala).

Oya, soal SBMPTN nggak ada standar kompetensinya, kayak UN. Tapi, soal SBMPTN itu unpredictable. Cakupannya luas banget. Duh, gimana belajarnya kalo gitu? Belajar UN yang ada standar kompetensinya aja udah susah. Apalagi gak ada??!??

Jangan ngeluh dulu gaiss.. Tenang, tenang. Habis ini bakal ada sedikit tips buat kalian belajar SBMPTN :
1. Niat
Untuk melakukan suatu kegiatan itu harus butuh niat guysss. Apalagi SBMPTN. Coba deh tulis dulu tujuan PTN kalian itu dimana dan jurusan apa. Tempel di meja belajar kalian. Biar kalian bisa tau apa yang harus kalian lakukan dan berapa nilai yang harus kalian bayar.

2. Kuasai materi satu per satu sampai jago
Misal mapel Matematika ada banyak banget materinya. Ada matriks, limit, trigonometri, dan lain-lain. Kalian harus wajib banget bikin jadwal buat melajarin satu per satu materi tersebut. Contoh nih, hari Senin- Rabu gw harus selesai belajar Matriks. Kalo bisa 3 hari itu temen-temen manfaatin bener. Hari pertama pelajari dulu materinya. Kemudian baru latihan soalnya. Tapi inget, wajib sampai jago baru pindah materi ya. Jadi, kalo ada soal matriks yang dipelintir kayak apapun. HARUS BISA.

3. Ikut try out
Mentang-mentang SBMPTN masih lama jadi sayang duitnya kalo buat try out. Giliran ngajak jalan pacar aja mau banget, tapi ikut try out aja, pelit banget. Ingat vroooh! Ini buat masa depan. Kalo kalian udah belajar materi satu per satu sampai jago. Kalian harus nyobain perangnya juga. Biar waktu SBMPTN ntar, kalian nggak kaget.

4. Evaluasi kesiapan
Setelah sering mengikuti Try Out kalian pasti tau dong. Kelemahan kalian di bagian mana? Kalo udah langsung cuss, materi-materi yang masih lemah langsung aja dipelajari sampai jago juga yaa.

Sekian dulu tips SBMPTN versi aku (mau tahu siapa aku??). Sampai ketemu di PTN hehe. Sampai ketemu di artikelku selanjutnya dulu deh. Semoga bermanfaat yaa. Sankyu
 
 Profil Kontributor
 Artikel tips ini dikirimkan oleh :
 Nama              : Linda Khoirul
 Email              : Inayahkh.inayah@gmail.com
 Universitas     : UPN Yogyakarta

 Mau berkontribusi juga? Yuk kirimkan artikelmu ke email kami (webinfokuliah@gmail.com) dengan Subjek "ARTIKEL PENGEN KULIAH". Sertakan juga data-datamu ya.. 
Pengen Kuliah

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :