Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Mau Kuliah Dimana ?


Masih banyak yang masih bingung mau lanjut kuliah dimana. Baik memilih jurusan ataupun memilih institusinya. Nah, agar kita semua tidak bingung jenis institusi perguruan tinggi di Indonesia, mari simak penjelasannya.

1. Universitas 

   Di Indonesia, universitas merupakan lembaga pendidikan tinggi yang paling dikenal. Lembaga ini mengarahkan lulusannya menjadi tenaga profesional yang siap kerja, tenaga pendidik, maupun peneliti. Universitas terdiri dari beragam fakultas.
     Fakultas adalah bagian dari universitas yang mendidik mahasiswanya di bidang tertentu. Dalam sebuah fakultas masih terdapat jurusan. Misalnya, Fakultas Teknik mengajarkan mahasiswa dibidang teknologi, dan memiliki jurusan Teknik Geodesi. Atau Fakultas Kedokteran yang memiliki jurusan Farmasi, dll.

2. Institut

    Berbeda dengan universitas, institut hanya berkonsentrasi pada satu bidang saja. Sebagai contoh Institut Pertanian hanya berfokus pada bidang pertanian. Institut Teknologi hanya berfokus pada bidang teknologi. Meskipun demikian, institut juga mempunyai beragam fakultas. 
 Sebagai contoh Institut Pertanian memiliki Fakultas Pertanian, Peternakan, Perikanan, dll. Begitu juga dengan Institut Teknologi yang mempunyai beragam fakultas yang berhubungan dengan teknologi.

3. Sekolah Tinggi

    Sekolah tinggi adalah perguruan tinggi yg menyelenggarakan pendidikan ilmiah dan/atau pendidikan profesional dalam satu disiplin ilmu tertentu misalnya, pengetahuan, teknologi, atau seni. Jika memenuhi persyaratan, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi tertentu. Sebagai contoh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dapat menyelenggarakan program profesi spesialis ekonomi.

4. Akademi

    Akademi hanya menyelenggarakan satu program studi/jurusan dan lebih menekankan pada skill praktik bekerja. Umumnya lama studi adalah 3 tahun. Dimana dalam 3 tahun tersebut, porsi praktik lebih besar daripada teori.  Banyak akademi di Indonesia yang berstatus kedinasan misalnya Akmil (Akademi Militer), Akpol (Akademi Kepolisian), dll. Ada juga yang tidak berstatus kedinasan seperti contohnya Akper (Akademi Keperawatan).

5. Politeknik

    Politeknik merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan menyiapkan mahasiswa/i yang siap menjadi anggota masyarakat. Mereka diharapkan dapat memiliki kemampuan profesional yang menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan mereka. Hampir sama dengan Akademi, di Politeknik lebih menekankan pada kemampuan ilmu terapan dimana porsi praktik lebih besar daripada teori. Contohnya Politeknik Kesehatan (Poltekes), Politeknik Ilmu Pelayaran, dll.

Demikian penjelasan mengenai bergam jenis perguruan tinggi di Indonesia. Semoga sekarang tidak bingung lagi mau kuliah dimana. Tetap semangat dan kontributif.




Source : 
Isnaini, Rahmat et al. 2015. cited on 5 Sept 2015.
Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Akhlis Herin

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :