Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Tips Cara Beradaptasi Untuk Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru adalah hal yang sudah dinanti-nanti oleh sebagian besar lulusan SMA/sederajat. Menjadi mahasiswa baru itu bukanlah hal yang mudah lho. Perlu banyak adaptasi, baik dengan lingkungan, masyarakat, iklim, mahasiswa lain, dan lain-lain. Bahkan ada yang enggan untuk beraktivitas atau berkomunikasi dengan yang ada di sekitarnya.


Nah, untuk menghadapi masa peralihan maba tersebut, mari simak tips trik panduan beradaptasi untuk kalian yang baru saja menjadi mahasiswa baru atau maba.

1. Beradaptasi di Lingkungan Kos. Lewati jika kamu tidak nge-kos.
Mahasiswa baru kebanyakan berasa dari luar daerah, sehingga perlu mencari kos-kosan yang sesuai dengan keinginan dan budget tiap mahasiswa. Nah, carilah kos yang membuatmu nyaman, terutama untuk belajar. Tingkat kenyamanan tiap orang berbeda-beda. Sesuaikan sendiri. ^_^ .
Setelah mendapatkan kos yang sesuai, tentu kamu perlu beradaptasi dengan orang-orang di sekitar kos. Minimal teman kos. Berkomunikasilah dengan Bahasa Indonesia di awal perkenalan. Tanyakan nama dan asal daerahnya. Jika memiliki bahasa yang sama, bisa menggunakan bahasa daerah di komunikasi berikutnya. Jika berbeda, gunakan bahasa Indonesia.
Selain mengakrabkan diri dengan teman kos, alangkah baiknya jika mengakrabkan diri juga dengan pemilik kos.

“Semakin banyak kita menjalin hubungan yang baik, InsyaAllah semakin besar kesempatan kita menuju kesuksesan dunia dan akhirat”Aditia Prasetio - Pengen Kuliah

Oh iya jangan lupa juga dengan orang-orang di sekitar kos. Minimal dengan tersenyum ketika melihat atau bertemu dengannya. Jika ada warung makan, akrabkan juga. Buatlah sedemikian-rupa semua yang ada di situ sehingga kamu nyaman.

2. Beradaptasi di Lingkungan Kampus
Lingkungan Kampus adalah lingkungan yang akan menjadi tempatmu melahap seluruh materi akademis maupun non-akademis. Sebagai mahasiswa baru, tentu perlu adanya adaptasi sebelum melahap semua materi di kampus. Adaptasi yang perlu dilakukan yaitu :

a. Membaur, Jangan Membentuk Kelompok Kecil Daerah di Jurusan
Ketika baru masuk kuliah (masih masa ospek), mahasiswa baru akan cenderung membentuk kelompok kecil yang terdiri dari orang-orang satu daerahnya. Kalau di awal-awal masuk itu bukan masalah. Namun jangan sampai kelamaan. Bisa-bisa nanti selama kuliah kamu cuma kenal orang-orang dari daerahmu. Beradaptasilah dengan teman-teman se-jurusan, se-fakultas, bahkan se-kampus. Mulailah dengan teman sejurusan. Gunakan bahasa Indonesia jika kesulitan berkomunikasi dengan mahasiswa lain.

b. Membaur dan Mengakrabkan diri dengan Kakak Tingkat (Senior) dan Alumni
Mungkin agak kurang etis kalau memakai istilah senior, namun ini hanya sebagai pembeda dalam artikel ini. Membaur dan mengakrabkan diri dengan kakak tingkat atau senior penting karena selama di kampus kamu akan bertemu dengan mereka. Di semester awal biasanya akan bertemu dengan senior yang mengulang (perbaikan). Di semester berikutnya biasanya mahasiswa sudah tidak dapat dibedakan angkatannya karena sudah bercampur.
Selain itu, mengakrabkan diri dengan alumni pun penting. Karena alumni merupakan salah satu jalan pintu kesuksesan. Banyak lulusan yang mendapatkan pekerjaan dari alumni yang dikenalnya.
Ingat!! Perhatikan sopan santun ketika mendekati senior atau alumni. Jangan sok kenal! Karena senior lebih sensitif dan variatif. Mungkin karena banyak tugas.

c. Dekati Dosen
Dosen yang akan mengajarkan materi-materi untuk mahasiswa. Dekati dosen karena dosen adalah sumber pengalaman. Dari dosen, mahasiswa bisa mendapatkan materi. Dari dosen, mahasiswa bisa mendapatkan bimbingan PKL, Seminar, dll. Dari dosen, mahasiswa bahkan bisa mendapatkan pekerjaan. Dan dari dosen juga, mahasiswa mendapatkan nilai A, B, C, D, E. Nah, maka dari itu dekati. Bukan dengan cara sok kenal atau sok akrab. Tapi dekati dengan cara meningkatkan akademis, sering maju ketika mata kuliahnya, atau sering menjadi panitia kegiatan yang berhubungan langsung dengan dosen.


Nah, itulah beberapa tips dari Pengen Kuliah untuk kalian yang Pengen Kuliah. Kami akan selalu memperbaharui informasi untuk kalian calon-calon mahasiswa berprestasi dan berbudi pekerti. Mari sebarkan kebaikan bersama kami dengan ikut berkontribusi di sini!
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :