Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Jangan TA Kalau Pengen Cepet Lulus TA

Ini judul apa coba? Kok jangan TA kalau pengen cepet Lulus TA? Ada yang salah kali ya?  Oops maaf. Ini bener kok. Maksudnya... “Jangan TA (Titip Absen) Kalau Pengen Cepet Lulus TA (Tugas Akhir)”. Sering kita mendengar atau bahkan kita sendiri melakukannya, banyak mahasiswa yang titip absen karena alasan tertentu, bahkan bisa jadi tanpa alasan. Wah, parah nih...
Ya TA (titip absen) sudah sangat fenomenal dan menjadi semacam budaya bagi mahasiswa-mahasiswa tertentu, bahkan hampir sebagian besar mahasiswa. Ada yang hanya sesekali. Ada juga yang berkali-kali. Atau mungkin masuk di awal dan di akhir perkuliahan saja, selain itu titip absen. 

Kenapa Budaya titip absen (TA) Bisa Muncul, Bahkan Berkembang?
Alasannya beragam, pertama, mungkin dosen mewajibkan mahasiswanya untuk tanda tangan absensi. Kedua, mungkin absensi masuk ke dalam penilaian, jadi semakin penuh tanda tangannya, semakin mudah mendapatkan nilai A. Ketiga, mungkin mahasiswa malas kuliah dan merasa takut dengan dosen apabila tidak tanda tangan absensi.
Bener nggak sih alasan di atas? Emang ada ya dosen yang mewajibkan tanda tangan? Emang ada memasukkan absensi ke dalam penilaian? Jawabnya “ADA”. Namun hanya sebagian kecil dosen yang menerapkan ini. Dan sebenarnya ini pun tidak boleh dilakukan.
Memang kehadiran menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti Ujian, namun masih ada toleransi untuk tidak masuk atau tidak hadir. Biasanya minimal harus ada sekitar 70-80 persen kehadiran. Jika kurang dari itu, kemungkinan tidak diperbolehkan mengikuti Ujian. Namun, ini pun tidak boleh dijadikan sebagai alasan. Karena masih ada toleransi 3-4 kali tidak mengikuti kuliah (tanpa tanda tangan absensi).

Cara Mengurangi Kebiasaan titip absen (TA)
Ada beberapa hal yang mungkin bisa mengurangi kebiasaan titip absen ini.
1. Biasakan Bangun Pagi
Kenapa bangun pagi? Ya karena ada beberapa mahasiswa yang telat bangun, kemudian telat kuliah, dan akhirnya memilih untuk titip absen. Maka dari itu, biasakan bangun pagi ya.. ^_^ . Ya setidaknya bangun 30 menit sebelum mulai kuliah. Dan jangan malas ketika hendak bangun.

2. Dosen Jangan Mewajibkan Tanda Tangan dan Tidak Memasukkan Tanda Tangan Ke Penilaian
Ya beberapa dosen memang ada yang melakukan hal ini (seperti yang disebutkan di atas tadi). Alangkah baiknya hal-hal tersebut jangan dilakukan agar tidak membebani mahasiswa.

3. Dosen Memperketat Pengecekan atau Melakukan Pengecekan Mahasiswa Secara Rutin
Mungkin ini salah satu cara yang ampuh. Dosen yang rajin biasanya mengecek mahasiswanya setelah mahasiswa tanda tangan absensi. Dosen memanggil mahasiswa satu persatu sesuai urutan absen. Nah, jika ada yang titip absen kemungkinan besar akan ketahuan. Dan berikanlah sanksi agar jera.

Kenapa Budaya titip absen (TA) Harus Dikurangi?
1. Budaya titip absen bisa menyebabkan mahasiswa sulit lulus TA (Tugas Akhir)
Bukan hanya tugas akhir, tapi kadang juga Ujian. Kenapa bisa begitu? Karena ketika masa perkuliahan, dia tidak pernah hadir dan hanya titip absen, nah secara otomatis dia tidak mendapatkan materi yang diajarkan dosen (kecuali dia belajar di luar, tapi ini sangat kecil kemungkinannya). Nah, ketika Ujian dia akan kebingungan sendiri karena tidak tahu apa-apa tentang materi yang di ujikan. Ketika TA (Tugas Akhir) pun begitu. Dia akan kesulitan menjawab pertanyaan-pertanyaan dosen. Dia juga mungkin kesulitan menerapkan ilmu-ilmu yang sebelumnya ada di perkuliahan (yang tidak dia terima ketika titip absen).

2. Ingatlah Orang tuamu yang membiayai kuliahmu
Orang tuamu telah bersusah payah bekerja keras mengumpulkan uang untuk keperluan kuliahmu. Mereka rela mengorbankan waktu dan tenaganya untuk mengkuliahkanmu, tapi kamu malah enak-enakan tidur di kos dan memilih untuk titip absen. Renungkanlah!

3. Titip absen melatih kita menjadi pembohong
Ketika kita titip absen, berarti kita telah membohongi diri sendiri, orang tua, dan dosen.  Berhati-hatilah kawan!

Itulah sedikit ulasan kami mengenai Budaya TA atau Titip Absen yang sangat fenomenal ini.Untuk artikel lain, silakan klik di sini!
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :