Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Cara Meningkatkan Peluang Kelulusan SNMPTN

Selalu kami mengatakan berulang bahwa tak bisa dipungkiri bahwa SNMPTN menjadi salah satu jalur favorit karena merupakan jalur pertama yang akan dilewati sebagian besar siswa SMA/sederajat yang akan melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Nah, untuk dapat lolos masuk snmptn, tentu kita perlu mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dan strategi yang harus dilakukan. Artikel pembahasan kedua hal tersebut dapat dibaca di sini!

Nah, jika ada yang membaca artikel ini, kemungkinan besar adalah dia yang ingin atau bahkan sangat ingin lulus masuk PTN melalui jalur snmptn. Untuk kamu yang sangat ingin lolos masuk PTN lewat SNMPTN, kami punya tips cara memperbesar peluang agar lolos snmptn.
Catatan :
Anda tidak harus menerapkan semua cara ini! Karena kami tahu anda punya keinginan dan mimpi untuk masuk PTN tertentu yang mungkin tidak cocok apabila menerapkan cara ini. Cara ini hanya digunakan sebagai bahan pertimbangan.
Cara ini hanya untuk memperbesar peluang, bukan untuk memastikan kelulusan.

1. Semakin Kecil Persaingan, maka Semakin Besar Peluang
Persaingan di sini dapat diukur dengan melihat daya tampung dan peminat. Buatlah rasio (1:A) antara daya tampung dan peminat. Misalnya daya tampung 70 peminat 700, maka rasionya adalah 70:700 atau 1:10 yang berarti dari 10 orang hanya bisa lolos 1 orang.
Semakin besar nilai A, maka semakin besar persaingan, sehingga semakin kecil peluangmu. Maka dari itu untuk memperbesar peluang, maka carilah yang persaingannya lebih kecil (nilai A semakin kecil).
Selain persaingan dalam lingkup Nasional, juga perlu diperhatikan persaingan dari satu sekolah. Usahakan untuk tidak memilih “jurusan & PTN” yang diminati sebagian besar teman satu sekolah.

2. Hindari Lintas Jurusan
Kesesuaian jurusan menjadi salah satu peningkat peluang kelulusan snmptn. Maka dari itu, usahakan untuk memilih jurusan yang masih dalam satu rumpun dengan jurusan saat di SMA/sederajat. Misalnya jika dari SMA IPA, maka usahakan memilih jurusan yang termasuk ke dalam SAINTEK seperti Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Teknik, Informatika, dll. Untuk SMA IPS usahakan memilih jurusan SOSHUM seperti Akuntansi, Ekonomi Bisnis, Ilmu Budaya, Sejarah, dll. Untuk SMK usahakan mirip atau serupa jurusannya. Misalnya SMK TKJ, ambil jurusan Ilmu Komputer atau Informatika atau Teknik Komputer atau sejenisnya.
Hindari!
Misal jurusan SMK TKJ memilih jurusan Akuntansi, Ekonomi, dan lainnya yang tidak ada kemiripan.

3. Tingkatkan Nilai Rapor Semester 5 dan Nilai Ujian
Ini juga penting! Karena nilai rapor semester 5 memiliki presentase yang lebih besar daripada nilai semester sebelumnya. Nilai Ujian juga dapat menambah peluang kelulusan, meskipun tidak begitu besar pengaruhnya.

4. Memilih Jurusan dan PTN dengan Urutan Yang Benar
Urutan penempatan pilihan 1, 2, dan 3 juga perlu diperhatikan. Urutkan PTN dan jurusan mulai dari yang paling tinggi ke yang lebih rendah. Tinggi rendahnya bisa dilihat dari akreditasi jurusan dan/atau passing grade jurusan tersebut.

5. Bandingkan Nilai dengan Nilai Kakak Kelas
Mintalah data nilai kakak kelas yang lolos SNMPTN di PTN dan jurusan yang kamu tuju. Jika tidak ada, cari yang persaingan jurusannya mirip dengan jurusan yang kamu tuju atau pilih.

Itulah beberapa cara meningkatkan peluang atau memperbesar peluang lolos SNMPTN 2015, 2016, 2017, dan seterusnya. Semoga bermanfaat.
Pengen Kuliah

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :