Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Cara Mendaftar Bidikmisi Ketika Sudah Lolos PTN

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya bahwa ada dua cara mendapatkan bidikmisi yaitu sebelum dinyatakan lolos dan mendaftar bidikmisi ketika sudah dinyatakan lolos masuk Universitas/Perguruan Tinggi.

Untuk yang pertama yaitu mendaftar bidikmisi sebelum lolos atau bersamaan dengan pendaftaran jalur masuk (SNMPTN, SBMPTN, UMPTN, dll) dapat dilihat di sini!

Nah, di artikel kali ini yang akan kita bahas adalah cara kedua. Yaitu mendaftar bidikmisi setelah dinyatakan lolos masuk Perguruan Tinggi.
Catatan :Mungkin cara ini tidak berlaku di beberapa Perguruan Tinggi.


1. Harus Lolos Masuk Perguruan Tinggi atau Universitas
Ya sebelum mendaftar bidikmisi dengan cara kedua ini, tentu syarat atau langkah pertama adalah mendaftar dan dinyatakan lolos di Universitas.
2. Daftar Ulang/Verifikasi, Isi Data untuk UKT dan Tunggu Pengumuman UKT
Langkah kedua adalah verifikasi, nah saat verifikasi atau daftar ulang akan diberikan form UKT (seperti mahasiswa yang lain). Isilah datanya. Kemudian tunggu hingga diumumkan kamu dapat UKT berapa.
3. Tunggu Penawaran Dari Universitas Untuk Mendaftar Bidikmisi
Jika kuota bidikmisi masih ada, biasanya Universitas memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang ingin mengajukan permohonan bidikmisi. Biasanya tidak jauh setelah pengumuman UKT. Namun ... ada ketentuannya.. Biasanya yang diberi kesempatan adalah mahasiswa yang mendapatkan UKT Golongan bawah seperti golongan 1 atau 2. Selain golongan UKT tersebut, kemungkinan besar tidak bisa mendapatkan kesempatan bidikmisi karena dianggap mampu.
4. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh Universitas, Lengkapi semua berkas dan ikuti tahapan seleksinya
5. Tunggu sampai ada pengumuman penerimaan bidikmisi. Jika kamu dianggap berhak, maka kamu akan mendapatkan beasiswa bidikmisi.

Mudah bukan?? Namun ingat!! Ada kemungkinan Universitas tidak memberikan kesempatan. Ada cara lain? Tentu Ada.
Cara lainnya adalah menunggu kurang lebih satu semester. Nah, biasanya ada penawaran lagi untuk golongan UKT 1 dan 2. Namanya Bidikmisi pengganti. Jadi ada mahasiswa (lama) bidikmisi yang keluar atau berpindah, nah untuk mengisi kekosongan ini, maka Universitas memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang ingin mengajukan permohonan bidikmisi.

Selamat mencoba!! Jangan lupa share ya! 
Pengen Kuliah

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :