Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Panduan Cara Mendaftar Perguruan Tinggi Dengan Bidikmisi

Sering kali kami mendapatkan pertanyaan yang hampir sama. Sering. Sangat sering. Beberapa diantaranya yaitu “Bagaimana cara mendaftar bidikmisi?”, “Bagaimana cara mendaftar jalur bidikmisi?”, “Bagaimana cara mendaftar bidikmisi di SNMPTN, SBMPTN, UMPTN, atau jalur masuk lain?”, “Bagaimana cara mendaftar SNMPTN dengan bidikmisi?”, “Bagaimana cara mendaftar SBMPTN, UMPTN, PMDK, dll dengan bidikmisi?” dan sebagainya.
Sebelum kami menjawab pertanyaan di atas, kami ingin mengingatkan bahwa Bidikmisi BUKAN jalur masuk, melainkan Beasiswa. Jalur masuk yang benar contohnya SNMPTN, SBMPTN, UMPTN, Ujian Mandiri, PMDK, dan sejenisnya. Untuk mengetahui perbedaannya, silakan cek di sini!
Nah, setelah mengetahui perbedaannya, maka kita mengarah ke panduan mendaftar perguruan tinggi (universitas) dengan bidikmisi. Ada dua tipe pendaftaran bidikmisi, yaitu mendaftar bidikmisi sejak awal (sejak pendaftaran PTN) atau mendaftar bidikmisi ketika sudah lolos masuk PTN.

Catatan:
Cara atau Langkah “A” tidak berlaku untuk yang mendaftar di UIN.

A. MENDAFTAR DENGAN STATUS BIDIKMISI
PERSIAPAN-PENGISIAN DATA
1. Konsultasi dan Minta Bantuan Ke Guru BK (Bimbingan Konseling)
Jika kamu benar-benar membutuhkan dan layak menerima bidikmisi, konsultasilah ke guru BK. Minta tolong kepada guru BK untuk didaftarkan sebagai calon penerima bidikmisi di website resmi http://bidikmisi.dikti.go.id . Jika sekolahmu belum memiliki akun atau belum terdaftar, maka sekolahmu harus mendaftar terlebih dahulu, baru kemudian bisa mendaftarkan siswa nya sebagai calon penerima bidikmisi.
Catatan :
Jika guru BK tidak bersedia mendaftarkan, minta tolong ke pihak sekolah yang biasanya menangani beasiswa, misal di TU atau langsung menghubungi wakasek.
Jika kamu ingin mendaftar sendiri, juga bisa. Namun tetap harus mendapatkan persetujuan dari pihak sekolah.

2. Siapkan Berkas-Berkas Yang Diperlukan
Download pedoman atau petunjuknya di sini, di sini, dan di sini. Di dalamnya ada panduan pengisian formulir dan yang lain. Dari pedoman itu kamu bisa melihat bahwa ada beberapa berkas yang harus disediakan. Nah, siapkan berkas-berkas itu. Jika guru BK mu meminta berkas lain yang tidak tercantum di pedoman itu, maka siapkanlah juga.
3. Mendapatkan Username dan Password Login, Kemudian Login
Setelah menunggu beberapa waktu, kamu akan mendapatkan username dan password dari guru BK. Gunakan untuk login ke dashboardmu di http://bidikmisi.dikti.go.id. Pilih tombol “SISWA”.
4. Isi Data
Isilah data-data di web tersebut selengkap mungkin dan sejujur mungkin. Panduan lengkap ada di sini, di sini, dan di sini. Data yang diisi meliputi :
  1. Biodata
  2. Data Prestasi
  3. Data Keluarga
  4. Kondisi Rumah
  5. Aset Keluarga
  6. Kondisi Ekonom
  7. Rencana Hidup
5. Cetak Kartu Bidikmisi
Jika semua data sudah terisi dan semua berkas sudah terupload, kamu bisa mendownload dan mencetak kartu bukti pendaftar bidikmisi.

PENDAFTARAN JALUR MASUK
Langkah berikutnya adalah mendaftar di salah satu jalur masuk. Pastikan bahwa kamu telah melengkapi berkas dan data di akun bidikmisi mu. Sehingga akan muncul tombol baru.
Ini adalah panduan jalur snmptn. Untuk jalur lain, silakan baca panduan lengkapnya di sini.
1. Masuk ke dashboard akun bidikmisi di http://bidikmisi.dikti.go.id menggunakan username dan password yang telah di dapatkan.
2. Klik tombol/menu SELEKSI.
3. Di kolom SNMPTN, klik tombol IKUTI SELEKSI
4. Kemudian klik PROSES SELANJUTNYA, kemudian klik SIMPAN SELEKSI.
5. Maka akan muncul PIN dan KAP di kolom SNMPTN. Simpanlah PIN dan KAP tersebut.
6. Masuk ke web SNMPTN. Login ke dashboard menggunakan username dan passwordmu.
7. Pilih menu Bidik Misi.
8. Masukkan PIN dan KAP yang telah di dapatkan tadi. Kemudian klik Verifikasi.
9. Selesai.

SAAT VERIFIKASI ULANG (DAFTAR ULANG) DI PTN
Saat sudah dinyatakan lolos masuk PTN, akan ada prosedur verifikasi atau daftar ulang. Nah, sebagai pendaftar bidikmisi, kamu wajib daftar ulang dan tidak boleh mendaftar lagi. Jika tetap tidak daftar ulang, maka status pendaftar bidikmisi mu otomatis dicabut.
Saat verifikasi atau daftar ulang, kamu akan disuruh mengisi dan melengkapi berkas, di sana juga akan diwawancarai secara langsung.

Tips!!
Jangan malas mengisi, mengumpulkan, dan melengkapi berkas.
Isilah data sejujur mungkin, karena akan ada survey ke tempat tinggalmu nantinya.

Untuk langkah B (langkah / panduan / cara mendaftar bidikmisi ketika sudah lolos masuk PTN dan sudah daftar ulang) dapat dilihat di sini.
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :