Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Langkah Yang Harus Diambil Setelah Dinyatakan Lolos Masuk Universitas

“Sudah Lulus PTN nih, trus harus ngapain?”
“Sudah lulus PTS nih trus harus ngapain?”
Dua pertanyaan di atas adalah sedikit dari banyaknya pertanyaan (sejenis) yang terlontar dari benak calon-calon mahasiswa.



Lolos masuk Universitas (terutama PTN) bisa jadi merupakan hal yang paling membahagiakan kalian, terutama bagi yang pernah gagal di Universitas sebelumnya. Namun, ada kalanya beberapa orang sudah merencanakan hal lain, sehingga meskipun dia lolos masuk PTN, itu tidak mempengaruhi reaksi apapun. Nah, bagi kalian yang sudah lolos SNMPTN, SBMPTN maupun Ujian Mandiri, pastilah bingung apa langkah-langkah yang harus dilakukan setelah ini. Itu hal yang wajar.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang (se)harus(nya) diambil atau dilakukan setelah lolos SNMPTN, SBMPTN, maupun Ujian Mandiri.
1. Pertimbangkan untuk masuk ke PTN & Jurusan tersebut
Bagi yang sudah mempertaruhkan kelulusannya di sbmptn,  sudah pasti akan menerima hasil SBMPTN itu. Namun,, bagi yang memilki rencana lain tentu akan berfikir dua kali bahkan berkali-kali. Apakah PTN dan Jurusan tersebut akan cocok untuknya atau tidak. Apalagi yang sudah mengikuti Ujian Mandiri. Mereka dipastikan akan menunggu hasil UM itu. Apalagi dinyatakan lolos, maka dia harus berfikir dan memilih secara tepat.
Pertimbangkan baik-baik PTN & Jurusan mana yang akan kamu ambil nantinya! Karena itu salah satu yang akan menentukan masa depanmu.

2. Registrasi Online + Buka Akun Sosmed BEM Universitas
Setelah menentukan pilihan, maka selanjutnya adalah mencari informasi mengenai registrasi online. Informasi tersebut biasanya terdapat di lembar/halaman pengumumannya. Misal ketika snmptn atau sbmptn akan muncul text atau link di bagian bawah. Biasanya akan merujuk ke website utama universitas atau website khusus PMB universitas. Jika web khusus PMB, maka beruntunglah  kalian, tapi kalau web utama universitas, kalian harus cari lagi web khusus PMBnya. Coba aja cari di google menggunakan kata kunci “PMB [nama universitas] [tahun]” atau “Daftar Ulang [nama universitas] [tahun]” atau kata kunci sejenisnya.
Alternatif lainnya adalah dengan membuka akun sosmed Universitas atau BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Universitas tujuanmu. Biasanya di sana akan ada info mengenai daftar ulang atau update-update tertentu. Bisa via twitter, facebook, line, maupun sosmed lain.
Setelah itu, biasanya ada registrasi online yaitu berupa pengisian data di website tertentu (milik Universitas). Jangan sampai ada yang tertinggal!

3. Persiapkan Berkas
Setelah mengetahui website PMB atau akun sosmed Universitas, maka langkah selanjutnya adalah mencari apa saja berkas yang harus dipersiapkan. Persiapkan semua berkas dan keperluan lainnya sebelum melakukan registrasi ulang (langsung).

4. Registrasi Ulang dan/atau Verifikasi
Di website PMB atau sosmed Universitas biasanya juga diinfokan tanggal atau jadwal registrasi ulang dan/atau verifikasi di Universitas tersebut. Catat dan hadirlah sesuai jadwal dengan membawa berkas-berkas yang telah kalian persiapkan sebelumnya.

5. It’s time to study again!
Jika semua langkah-langkah di atas selesai dilakukan, maka saatnya menunggu waktu yang tepat untuk mulai belajar dengan ilmu yang lebih luas. Selamat datang di dunia seberang. ^_^ . Belajarlah dengan sungguh-sungguh! Gapai cita-citamu! Ini salah satu langkahmu! It’s time to study again!

Itulah sedikit tips dan langkah yang seharusnya kalian ambil setelah dinyatakan lolos masuk suatu universitas atau PTN tertentu. Selamat berjuang! Congratzz ya..
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :