Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

#IMud ~ Semangat Si Rian - Merencanakan dari Sekarang

Bismillahirrahmanirrahim,
Nama saya Rian Nurahman, biasa dipanggil Rian. Saya anak pertama dari 3 bersaudara. Saya lahir di Bogor, 23 April 1996. Saya tinggal di Jalan KH Abdul Hamid KM 15, RT02/RW07, Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, kabupaten Bogor.
Dilihat dari kebiasaan sehari-hari saya, saya mepunyai sifat yang mudah untuk bergaul, saya sangat senang jika saya berada dekat dengan teman – teman.

Saya memulai untuk bersekolah dari sejak saya berumur 6 tahun di SD tanpa harus mengenyam pendidikan taman kanak – kanak. Ketika itu, saya masuk di Sekolah Dasar Negeri 1 Ciasmara yang berlokasi di desa Ciasmara, dekat dengan tempat tinggal saya. Waktu kelas 1 SD, saya mengidap penyakit paru - paru dan harus menjalani pengobatan hingga 9 bulan. Entah apa penyebabnya, tapi ibu saya bilang waktu itu saya jarang keluar rumah sehingga kurang terkena sinar matahari. Gara – gara penyakit paru – paru, saya waktu itu tidak naik kelas karna rawat inap dirumah sakit berbulan – bulan sehingga harus mengulangi kelas 1 SD di umur 7 tahun. Dikelas 4 SD, ayah kandung saya meninggal dunia sehingga ibu menikah lagi dengan ayah angkat saya yang sekarang bernama Bunyamin. Setelah saya lulus SD, kemudian saya melanjutkan kesekolah dengan tingkat yang lebih tinggi tahun akademik 2009/2010, yaitu Sekolah Menengah Pertama PGRI Ciasmara, yg berlokasi sama yaitu Desa Ciasmara.
Waktu SD saya cukup berprestasi dalam akademik maupun non akademik, dari mulai peringkat kelas hingga mendapat piagam peserta terbaik perkemahan pramuka waktu itu. Tapi waktu SMP, prestasi saya menurun, karna waktu SMP saya kadang malas mengerjakan tugas. Tidak ada prestasi ekskul apapun karna SMP saya waktu itu jarang ada kegiatan ekstrakulikuler.
Sewaktu saya akan lulus SMP, saya ingin sekali masuk SMA Negeri, tapi SMAN di sekitaran wilayah tempat tinggal saya biaya pendaftaran dan SPPnya cukup mahal untuk ekluarga saya, sehingga saya masuk SMK yang memang biaya pendaftaran dan SPPnya lebih murah dari pada SMA Negeri.
Saya melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Pertiwi Cibungbulang Bogor tahun akademik 2012/2013, yang berlokasi di jalan Cemplang KM 19, Cibungbulang – Bogor. Di SMK saya sudah berprinsip untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Maka dari itu, saya belajar dengan giat untuk mencapai kemauan saya itu. Saat saya berada dikelas 2 SMK, saya sudah mempunyai cita – cita ingin menjadi wirausahawan yang sukses di Dunia maupun Akhirat. Hal itu membuat saya belajar dengan giat dan masuk ke jurusan AP (Administrasi Perkantoran). Seseorang yang kaya raya, tentu terlahir dari sifat pekerja keras. Mereka rata – rata mempunyai pekerjaan sebagai wirausahawan. Tidak ada seseorang yang kaya raya tanpa berwirausaha, itu lah pandangan hidup saya saat ini.
Sekarang saya di hadapkan dengan permasalahan mencari Universitas Negeri. Saya sebenarnya sudah mempunyai tujuan jurusan, yaitu Ekonomi dan penggantinya yaitu Manajemen. Saya ingin mengikuti SNMPTN tapi yang saya tau, untuk seleksi SNMPTN kebanyakan dari SMA karena pelajaran SMK sebagian produktif dan praktek. Selain itu, keadaan ekonomi keluarga pun tidak memungkinkan untuk membiayai saya kuliah di PTN, apalagi ayah saya ayah angkat. Tetapi saya tidak menyerah, saya akan ikut program beasiswa baik BIDIKMISI maupun BEASISWA ETOS. Waktu tanggal 1 Februari 2015, saya mengikuti try out SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) IPS yang di selenggarakan di SMAN 1 Cibungbulag Bogor. Dan Alhamdulillah saya mendapatkan peringkat 8 dari 300 siswa yang mengikuti SBMPTN IPS. Nah saat itulah saya semakin optimis untuk mendapatkan beasiswa BIDIKMISI dan BEASISWA ETOS.
Terlintas di benak saya bahwa selain individu yang menentukan nasibnya, Universitas juga berperan dalam pembentukan nasib individu kedepan. Maka dari itu, saya berkeinginan untuk melanjutkan kuliah di PTN impian saya yaitu Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, dan Universitas Negeri Jakarta.
Bila saya diterima di IPB, saya berkeinginan untuk kuliah program studi Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan. Bila di UI, saya ingin program studi Sosiologi karena memang saya menyukai ilmu social. Bila di UNJ, saya ingin program studi Manajemen yang memang sesuai dengan cita – cita saya.
Sekarang tahun ajaran 2014/2015, saya sedang dihadapkan dengan banyak persiapan untuk menghadapi Uji Kompetensi, Try Out UN, Ujian Praktek Akhir Sekolah, Ujian Akhir Sekolah Utama, Ujian Nasional (UN), Uji Kompetensi Teori Kejuruan dan persiapan SBMPTN.
Saya sedang memperbanyak baca buku dan belajar untuk kelulusan dan mendapatkan beasiswa karena memang kemauan saya untuk kuliah sangat tinggi.
Setelah itu, planning saya, setelah lulus kuliah, saya ingin mencari modal untuk membuat usaha dengan cara menjadi seorang pegawai Negeri Sipil di KEMENDIKBUD. Dan setelah saya mendapatkan modal dengan gaji yang saya dapat, saya ingin membuat usaha yaitu membuat ruko, studio music, studio rekaman dan warnet dengan pegawai di dalamnya sehingga menciptakan lowongan pekerjaan baru. Seiring itu berjalan, saya ingin melanjutkan pendidikan saya ke jenjang S2 yang mudah – mudahan melanjutkan kuliahnya di luar negeri dengan melanjutkan jurusan baru. Aaaamiin ya rabbal’alamin, mudah – mudahan semua usaha saya, semua kerja keras saya, semua pengalaman – pengalaman saya diberi ridho oleh Allah SWT beserta kedua orang tua saya yang telah menjaga saya dari kecil hingga sedewasa ini. Aamiinn ya rabb.
Sekian dan Terimakasih. 


Si IMud : Rian Nurahman
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :