Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

#IMud ~ Kilas Balik Perjuangan Menuju PTN Impian #IPB

Haloo... Ada Si #IMud lagi nih. Si #IMud yang satu ini dia ditolak berkali-kali oleh PTN impiannya yaitu IPB. Namun, dia pantang menyerah. Dia berusaha dan berusaha terus. Mau tau kisahnya? Mari simak..

Januari 2013 adalah saat dimana saya galau memilih jurusan di PTN yang di inginkan. Setelah melakukan konsultasi dengan guru Bimbingan Konseling,Orang Tua dan Keluarga, akhirnya fix lah untuk melanjutkan pendidikan di IPB ( Institut Pertanian Bogor ). Saat itu saya sangat ambisius untuk bisa lolos di Fakultas Kedokteran Hewan tanpa melihat hasil studi saya selama 5 semester yang sebenarnya tidak bagus -_-
Bulan Februari  saya mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) tahun 2013. Dengan langkah pasti, saya mengambil program studi yang menurut orang-orang susah lolos, susah dalam menempuh pendidikannya… Tapi itu bukan halangan bagi saya karena sudah bertekad kuat untuk memilih prodi tersebut. Pertama di SNMPTN saya memilih Prodi Kedokteran Hewan IPB, Pilihan kedua Biologi IPB dan pilihan ketiga Biologi UNJ. Kenapa sih terlalu ambisi masuk FKH? yeaahh saya tuh pertama suka banget sama hewan-hewan… dulu pernah pelihara kelinci sampe besar dan ada juga yang meninggal karena usia dan pakan yang terlalu entah banyak atau sedikit hahaha… lalu suka sama bedah-bedah badan cicak .. dulu pernah sewaktu orang tua lagi pergi saya menangkap cicak dan saya bedah -_- parah ga sih? ckckck .. dan melihat prospek kerja dari lulusan FKH yaaa lumayan lah, jd ya itu sebagian dari sekian banyaknya motivasi saya untuk melanjutkan kesana…
Jreng… Jreng… Jreng… Kalo tidak salah tanggal 28 Mei itu pengumuman SNMPTN 2013.. Nah saat itu saya lagi fokus juga tuh sama yang namanya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) 2013. Pukul 17.00 pun tiba, dan ga sabar saya membuka laman SNMPTN tersebut. Ketika Log in, jreng jreng jreng jreng…. tertera tulisan yang sangat amat pedih menyayat hati dan perasaan yaitu tulisannya “ANDA TIDAK DI TERIMA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI 2013″ yah… kalian tahu lah bagaimana perasaan saya waktu melihat tulisan itu.. Nangis? guling’ di kasur? yah itu yang saya lakukan sampai” keluarga besar saya menyemangati untuk test berikutnya dan di ingatkan untuk jangan larut dalam kesedihan…
Juni pun tiba… Saatnya untuk mendaftar SBMPTN. Ketika melakukan pembayaran, terjadi kesalahan :”) yang seharusnya saya masuk kelompok IPA, tapi di database masuk kelompok IPC dan uang sudah di setor ke Bank Mandiri pula .Mau gimana lagi selain daftar lagi hahaha.. jadilah SBMPTN saat itu bayar 175 ribu dikali 2 -_- *berasa org kaya hahaha padahal tidak juga :3 . Test SBMPTN pun tiba, saya mendapat lokasi di SMKN 1 Boedi Oetomo Jakarta. Oh ya… prodi yang saya pilih saat itu masih kekeuh FKH IPB lalu di pilihan kedua KSHE IPB dan ketiga Biologi UNJ . Tanggal 7 atau 8 Juli kalo tidak salah, pengumuman tiba dan hasilnya? mau tau?
 ckck “MAAF ANDA TIDAK LOLOS SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI” yah untuk kedua kalinya sakit sakit dan sakit.
Perjuangan saya ga berhenti disitu aja.. tanggal 21 Juli *pas puasa* saya ikut UMB PTN dan lagi” harus bayar 300 ribu x 2 karena salah pilih program studi haha… di UMB PTN Saya memilih PTN UNJ semua dg program studi : Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Teknik Mesin dan Biologi … master ga tuh pilihannya ckckck ngaco banget ya susunannya haha tp tak apalah smoga hasilnya memuaskan. Tapi .. lagi dan lagi saya GAGAL :”) dan saya menangis lagi dan lagi sampai orang tua saya sudah tidak mampu menenangkan saya :3
Untuk terakhir kali di tahun 2013 saya memutuskan untuk mengikuti Ujian Talenta Mandiri ( UTM ) IPB 2013 dengan prodi pilihan Ilmu dan Teknologi Pangan dan Biologi .. Terlalu nekat sih ambil Tekpang karena menurut kabar itu merupakan prodi yang paling banyak peminatnya :3 nahloh salah milih kan dim ckckck .. Dapat ruang kelas ujian di CCR Lantai 2 Ruang 2.05 Gugus 1 Bangku nomer 2 sayap kanan. disana ditest mengenai ilmu Sains sebanyak 80 soal yang terdiri dari soal matematika 20 biologi 20 fisika 20 dan kimia 20 lanjut lagi bahasa inggris dengan 25 soal .. setelah ujian sesi pertama, dilanjutkan istirahat dan shalat . Pukul 13.30 kami para peserta UTM IPB 2013 di beri soal mengenai soal skolastik yg terdiri dari 170 soal + 114 soal ttg kepribadian wirausaha.. 1 pekan setelahnya pengumuman di dalam web menyatakan saya …. GAGAL :”) untuk ke empat kalinya ada kata MAAF …..
Setelah tau bahwa saya gagal lagi yang ke empat kalinya, sempat berpikiran bahwa saya ini sangat sangat sangat bodoh kenapa dari sekian banyak ujian tidak ada yang LOLOS? namun setelah itu saya intropeksi, dan benar ternyata usaha saya kurang dan memang orang tua saya tidak setuju saya kuliah di IPB saat itu ckckck…
Alhasil saya berkonsultasi dengan tante saya yang kerja di GATRA dan ia bilang coba aja di Biologi Universitas Nasional, karena biologinya akreditasi A. Okelah dengan berat hati melangkahkan kaki ke UNAS untuk daftar. Setelah melalui proses yang cukup singkat, hasil menunjukkan saya diterima di kampus tersebut. Semester 1 pun dilalui dengan cukup baik dengan memperoleh IP 3,53. Semester 2 pun dilalui dengan cukup rapi, namun pada bulan Maret akhir kembali terfikirkan bahwa mengapa tidak mencoba lagi di SBMPTN 2014? hahaha.. akhirnya saya memutuskan untuk mencoba kembali SBMPTN 2014 tanpa sepengetahuan orang tua. Bulan Mei awal, saya membuka website SPMB Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh Jakarta dan saat itupula saya mendaftar SPMB nya. Tanggal ujiannya ternyata bentrok dengan kuliah, tapi karena memang mau mencoba lagi yaa izin deh kuliahnya … Tanggal 11 sampe 12 Juni saya ujian di Kampus UIN tersebut dan tidak bilang sama orang tua kalo saya ikut SPMB karena kalo bilang pasti ga akan di izinin ckck
Berjarak 1 minggu tepatnya tanggal 17 Juni adalah waktu untuk SBMPTN 2014 . Di SBMPTN ini saya mencoba lagi sama yang namanya FKH IPB ckck .. tetep ambisi di sana sih jadi milih itu lagi haha.. pilihan kedua itu Biologi IPB dan ketiga Biologi UNJ. Pengumumannya 16 Juli 2014 dan di tanggal 12 Juli ada UTM IPB lagi dan pendaftran dibuka tanggal 29 Juni kalo tidak salah . Seketika itupula saya mencoba di UTM IPB. Pada UTM IPB ini saya juga ga bilang ataupun minta restu sama orang tua karena kalau bilang ikut UTM lagi pasti di ceramahin bla bla bla bla lagi hahaha… Okelah tanggal 11 Juli saya berangkat dengan mobil pribadi sendirian ke IPB dan sesampainya di IPB bertemu sama kaka senior Kimia angkatan 47 bernama ka Andri Lesmana yang ternyata masih jadi Senior Resident di ASTRA C3. Saat bertemu kami berjalan keliling IPB dengan mobil. Malam nya saya bingung mau menginap di mana -_- akhirnya saya memutuskan untuk menghubungi kak Kiki Rizki dari Fakultas Peternakan. Setelah bertanya via sms, saya telp ternyata dibolehin nginep di kontrakan yang berada di Taman Dramaga Permai , Cibanteng. Malam di sana cukup dingin ckck yaiyalah kaki gunung salak gituh hahaha… Disana pun saya disuruh belajar sama ka Kiki dan HP ga boleh d aktifin. Ka kiki sampe bilang kalo saya harus ketrima di IPB :”) duh disemangatin banget yaa hehe…
Hari Sabtu 12 Juli pun tiba. Saya berangkat dari rumah kontrakan jam 5.45 dan sampe di IPB jam 6.00 udah penuh sama mobil para peserta UTM -_- ga nyangka sampe bgitu banyaknya pesertanya tahun ini .. Katanya sih sampe 8000an tapi yaa gatau tepatnya berapa. Okelah setelah markir mobil di parkiran Gymnasium, saya berjalan sedikit ke Gedung CCR ( Common Class Room ) yaitu kelas buat para angkatan baru yang masuk IPB. Entah kenapa selama mengerjakan soal UTM itu berasa mudah dan lancar .. Alhmdllah berkat usaha dan doa walau bukan dari orang tua huhuhu.Sepulang UTM saya kembali ke kontrakan dan jemput ka kiki yang rencananya kita mau buka puasa di Botani Square.. Malamnya kita kembali ke kontrakan deh Minggu sore saya pamit untuk pulang ke Jakarta…
Hari Rabu 16 Juli adalah pengumuman SBMPTN 2014 ketika itu saya keceplosan sama orang tua kalo ada pengumuman SBMPTN -_- ckck alhasil ketawan deh ikut itu lagi haha gpplah ujiannya kan udah selesai tinggal hasil.. tapi ketika dilihat di websitenya.. tralalala Kembali kata ANDA TIDAK DI TERIMA DI SBMPTN 2014 -_- 
Huaaa huaaa nangis kejer malam itu hiks.. tp mau gimana lagi , memang itulah hasilnya.. Keesokkan pagi saya mendapat SMS dari IPB bahwa malam tanggal 17 Juli akan ada pengumuman UTM yang dimajukan dari tanggal 19 Juli. Semakin deg degan lah karena baru semalam pengumuman langsung besoknya pengumuman lagi ckck .. Malam tiba dan hati semakin gak karuan buat ngebuka websitenya.. sempat terbayang kalo ga lulus lagi gimana dan ketika pertama d buka, tulisannya “maaf anda tidak diterima/ tidak ada di IPB” nah loh tidak ada apa tidak diterima? hahaha dicoba lagi deh kedua kalinya dan … jreng jreng…. Selamat, Anda dinyatakan Lulus UTM 2014 di INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB) ..
    DUHH,,,, mimpi apa semalaamm :”) saat itupula saya teriak bilang AYAAAAAAAAAHHH KAKA DITERIMA DI IPB :”) subhanallah Alhmdllahhhh ya Allah penantian akhirnya tercapai :”) saat itu ayah langsung masuk ke kamar dan saya peluk ayah sambil nangis bahagia dan bilang makasih ayah udah ngebantu doa anaknya supaya sukses :”) Dan saat itupula saya langsung memberi kabar ke semua keluarga dan guru” serta dosen kalau saya diterima di IPB… Kemudian saya dihadapkan pada berkas berkas registrasi yang cukup ribet sih tapi tak apa yang terpenting LOLOS di IPB :”) hehe… Tuhan telah memberi saya kesempatan yang langka .. Tuhan percaya jika saya MAMPU dan MAU untuk kuliah .. DOA KERJAKERAS KERJA CERDAS TAWAKAL PERCAYA adalah kunci saya J
Itulah cerita saya... bener-bener sakit dan bahagia kalo mengenang masa masa seperti itu :D

Si IMud : Dimas Ramadhan
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

4 komentar :