Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Tatacara (Alur) Pendaftaran dan Pengisian Data SNMPTN

SNMPTN adalah salah satu jalur masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.  Jalur ini diikuti oleh sangat banyak siswa dari SMA/sederajat baik swasta maupun negeri. Peserta atau siswa dapat memilih 2 dari 64 Perguruan Tinggi Negeri yang bergabung di dalamnya. Untuk melihat daftar Universitas Negeri yang dapat dipilih, silakan klik di sini.

Catatan :
Alur atau langkah ini bisa dilakukan apabila anda sudah terdaftar (sudah didaftarkan oleh pihak sekolah) sebagai peserta SNMPTN.

A. CEK DATA NILAI
1. Buka http://pdss.snmptn.ac.id. Maka akan muncul halaman seperti ini.

Klik “Halaman Untuk Siswa”

2. Masukkan NISN dan password, kemudian klik Login. Password akan diberikan oleh sekolah masing-masing.

3. Maka akan muncul halaman yang berisi data nilai. Cek baik-baik data nilai tersebut. Jangan sampai ada selisih sedikitpun. Semua data nilai harus sama persis dengan yang tercantum di rapor.

4. Jika sudah yakin, klik tombol “Verifikasi Nilai” yang ada di atas data nilai.

Penting!
Harap berhati-hati! Cek baik-baik secara detail semua nilai. Apabila ada kesalahan, segera laporkan ke pihak sekolah agar di edit. Apabila sudah yakin benar, bisa mengklik tombol verifikasi dan dapat lanjut ke tahap pendaftaran.
Apabila anda sudah terlanjur mengklik tombol verifikasi, namun tiba-tiba anda menemukan kesalahan, maka anda tidak akan dapat mengubah nilai tersebut dan itu akan menghambat anda ketika daftar ulang (apabila diterima).

B. PENDAFTARAN
1. Klik di sini atau klik http://web.snmptn.ac.id

2. Isikan NISN dan password untuk login.

3. Klik menu Pendaftaran.

4. Isikan data pribadi, data orangtua, data sekolah, PTN pilihan, dan jurusan pilihan.

5. Klik menu Portofolio apabila diminta (terkadang ada jurusan yang meminta portofolio, seperti seni rupa atau yang lainnya)

6. Klik menu Prestasi apabila memiliki prestasi. Yang dimasukkan adalah tiga prestasi terbaik. Untuk tiap prestasi, Anda harus melampirkan bukti scan sertifikat prestasi tersebut. Scan sertifikat diunggah dalam format PDF/JPG/PNG dengan ukuran maksimum untuk tiap file 2 MB.

7. Klik menu Bidikmisi apabila anda terdaftar sebagai calon penerima bidikmisi. Namun, sebelumnya, anda harus mengambil KAP dan PIN di web http://dikti.bidikmisi.go.id (perlu username dan password untuk login). KAP dan PIN nantinya dimasukkan ke halaman / menu “Bidikmisi” di website SNMPTN.

8. Klik menu Password apabila anda ingin mengubah password login anda.


9. Klik Logout apabila ingin keluar.

Penting!
Apabila data pribadi dan data lainnya sudah terisi, serta sudah menentukan PTN pilihan, anda dapat mengklik tombol Finalisasi Pendaftaran.
Jangan menekan tombol ini apabila masih ada keraguan, karena apabila tombol ini ditekan, maka anda tidak akan dapat mengubah data-data anda termasuk data PTN pilihan.

Itulah sedikit gambaran mengenai alur pendaftaran snmptn 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, dan sampai tahun berikutnya. Semoga bermanfaat.
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

2 komentar :