Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Hati-Hati dengan Teknologi

Berbicara tentang teknologi. Apa yang anda bayangkan? Kebanyakan orang menganggap bahwa teknologi itu terbatas pada sesuatu yang berhubungan dengan komputer. Memang, komputer adalah salah satu contoh teknologi. Namun, sebenarnya teknologi itu lebih luas jangkauannya.
 
Pada tahun 1937, seorang sosiolog Amerika, Read Bain, menulis bahwa technology includes all tools, machines, utensils, weapons, instruments, housing, clothing, communicating and transporting devices and the skills by which we produce and use them . Maksudnya, teknologi meliputi semua alat, mesin, aparat, perkakas, senjata, perumahan, pakaian, peranti pengangkut/pemindah dan pengomunikasi, dan keterampilan yang memungkinkan kita menghasilkan semua itu (dikutip dari wikipedia)

Jadi, sudah tahu kan teknologi itu apa. Sekarang saatnya kita masuk ke pembahasan utama. Hati-Hati dengan Teknologi. Kenapa judulnya aneh gini? Kenapa harus hati-hati? Akan kita kupas tuntas judul ini. ^_^.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa di zaman yang semakin modern ini banyak sekali bermunculan teknologi-teknologi baru, baik benar-benar baru ataupun yang hanya menyempurnakan teknologi yang sudah ada. Intinya teknologi tidak akan berhenti untuk berkembang. Bahkan perkembangan teknologi di era ini sudah semakin pesat.

Seiring berkembangnya zaman, teknologi juga berkembang untuk mensupport bidang-bidang yang ada. Beberapa bidang yang mendapatkan manfaat dari adanya perkembangan teknologi antara lain kesehatan, pendidikan, ekonomi, industri, militer, dan lain-lain. Mari kita bahas satu persatu.
1. Bidang Kesehatan
Contoh pemanfaatan teknologi di bidang kesehatan yang paling sederhana adalah pemanfaatan teknologi di puskesmas daerah terpencil yang dapat memanfaatkan teknologi untuk berinteraksi dengan dokter di kota, bisa juga untuk berkonsultasi, diagnosis, bahkan bisa juga untuk pengobatan (menggunakan live streaming, video chat, atau lainnya).
Contoh pemanfaatan lain adalah untuk memonitor kesehatan pasien, memonitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah, memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X, dan masih banyak lagi. Lebih sederhana lagi adalah aplikasi berbasis android yang dibuat oleh Mahasiswa Informatika Universitas Diponegoro yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit melalui metode bekam. Aplikasinya bernama “Bekam Guide”.

2. Bidang Pendidikan
Pendidikan di zaman modern ini sudah diarahkan ke pendidikan berkarakter berbasis teknologi. Kenapa demikian? Karena melalui pendidikan, orang akan mengetahui, memahami, mengembangkan dan mengamalkan ilmu yang sudah ia terima. Teknologi berbasis teknologi sebenarnya sudah diterapkan di Indonesia, hanya saja masih belum maksimal dalam penggunaannya. Misalnya pembuatan website sekolah dan universitas. Di dalam website itu biasanya ada fitur atau aplikasi pendukung seperti sistem informasi, bahkan ada pembelajaran online atau bahasa kerennya “e-learning”. Namun sayang sungguh sayang, fitur ini belum dimanfaatkan secara maksimal. Pemanfaatannya masih terkesan setengah-setengah.
Ada juga pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan yang lain. Bahkan sekarang sedang hangat diperbincangkan. Yaitu pemanfaatan teknologi dalam Ujian Nasional yang akan diselenggarakan secara online. Ini merupakan kemajuan yang sangat baik, namun masih perlu di tinjau kembali terutama dalam hal persiapannya, baik alat maupun sumber daya manusianya.

3. Bidang Ekonomi
Bidang ekonomi pun tidak lepas dari pengaruh teknologi. Di dalam bidang ekonomi dikenal adanya istilah e-commerce yaitu penggunaan teknologi, khususnya teknologi informasi, untuk menjual, memperkenalkan, dan memasarkan produk atau jasa tertentu kepada publik secara online atau dengan media elektronik.
Contoh pemanfaatan lainnya bisa kita lihat di bank. Sekarang ini bank sudah semakin canggih dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Mulai dari teller, atm, penghitung uang, e-banking, sms-banking, dan lain sebagainya.

4. Bidang Industri
Dalam bidang industri, pemanfaatan teknologi bisa dilihat salah satunya di industri per-film-an. Industri ini sudah memanfaatkan teknologi dalam proses produksinya. Apalagi untuk film animasi yang kini sudah memanfaatkan teknologi sensor atau teknologi lain untuk membuat film animasi tanpa perlu bersusah payah sehingga mempersingkat waktu produksinya.

5. Bidang Militer
Dalam bidang militer, teknologi sudah sangat berperan. Pemanfaatan teknologi dalam bidang militer bisa dilihat pada penggunaan pendeteksi radar pesawat, pesawat tanpa awak (auto-pilot), pesawat siluman, dan lain sebagainya. Bahkan di Jepang kini sedang (atau mungkin sudah) diciptakan robot tentara yang nantinya akan menjaga keamanan suatu wilayah atau negara.

Sangat banyak contoh pemanfaatan teknologi di berbagai bidang. Yang saya ungkapkan di atas itu hanya sebagian kecil. Masih banyak contoh lain. Maka dari itu, saya memberikan judul Hati-Hati dengan Teknologi agar anda menaruh hati pada perkembangan teknologi untuk mendukung kemajuan semua bidang. Cintai, Teliti, Kembangkan, dan Jadikan.
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

4 komentar :