Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Untuk Pembangkit Listrik

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara yang berada tepat di jalur khatulistiwa dan geografi Indonesia terletak di antara 6º LU – 11º LS dan 95º BT - 141º BT. Oleh karena itu Negara Indonesia menjadi salah satu Negara yang hanya memiliki dua musim dibandingkan dengan negara-negara di benua Eropa maupun Amerika. Selain itu Negara Indonesia adalah Negara maritim yang terdiri dari gugusan kepulauan. Dan hampir di setiap wilayah kepulauan di Indonesia memiliki aliran sungai. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa sebenarnya kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia begitu melimpah. Namun sayangnya hal tersebut masih belum begitu dimanfaatkan secara maksimal bagi masyarakat di sekitarnya maupun pemerintah Indonesia sendiri. Maka sebab itu di dalam artikel ini terdapat beberapa saran atau pesan terhadap masyarakat Indonesia terutama bagi pemerintah Indonesia agar memanfaatkan sumber daya alam Indonesia secara maksimal.

Beberapa hal yang dapat dimanfaatkan dari kekayaan sumber daya alam Indonesia adalah dengan memanfaatkan aliran sungai dan panas matahari untuk pembangkit listrik serta untuk menghemat subsidi listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). 

Dan beberapa hal yang dapat dimanfaatkan dari aliran sungai serta panas matahari adalah :
1.        Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)
Indonesia adalah negara yang memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim panas. Hampir di seluruh wilayah di Indonesia memliki cahaya matahari yang cukup untuk pembangkit listrik tenaga surya. Maka sebab itu pemerintah dapat membantu masyarakat terutama bagi pelajar untuk pembuatan panel surya yang sesuai standar untuk pembangkit listrik dari tenaga surya atau matahari.

Pembuatan panel surya dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan, pemahaman yang diajarkan kepada siswa SMA/MA/SMK dalam bentuk pendidikan tambahan (ekstrakulikuler), maupun penjelasan secara rinci mengenai pembuatan, perawatan serta pemanfaatan panel surya atau dapat disebarkan melalui media sosial seperti blog (BLOGdetik, blogspot,dll) maupun jenis media sosial lainnya oleh pemerintah terhadap masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar ketika siswa atau masyarakat tersebut membutuhkan atau memperbaiki panel surya, mereka dapat berkreativitas dalam membuat panel surya sendiri. Selain dapat mengembangkan kreativitas siswa hal tersebut dapat membantu masyarakat kurang mampu yang membutuhkan aliran listrik pada tempat tinggalnya.

2.        Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
Hampir di setiap wilayah kepulauan di Indonesia memiliki aliran sungai. Serta hampir di setiap aliran sungai tersebut memiliki tanggul / pintu air untuk pengairan ladang pertanian (irigasi) maupun pengaturan volume air pada aliran sungai tersebut. Namun jika tanggul atau pintu air tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal, tanggul tersebut juga dapat digunakan sebagai PLTA.

Dengan memasang kincir air atau pembangkit listrik tenaga air di setiap tanggul, listrik dapat dialirkan di beberapa rumah-rumah penduduk di sekitar tanggul tersebut. Dan jika hal tersebut dapat tercapai maka subsidi listrik yang diberikan kepada masyarakat dari PLN dapat dihemat.

            Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu masyarakat terutama pemerintah, agar kebutuhan listrik masyarakat dapat dipenuhi namun tetap ramah terhadap lingkungan.
            Terimakasih.


Keyword : ideku untuk pln, pln berkarya untuk Indonesia, Indonesia terang bersama pln, pln dan matahari bersinergi, pln dan air untuk masyarakat Indonesia, Indonesia berkarya bersama pln, pln dan blogdetik berkarya
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

1 komentar :