Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Tips Cara Belajar Yang Baik Menghadapi Tugas dan Ujian

Cara belajar yang baik dan benar. Sebagai seorang pelajar ataupun mahasiswa, kita harus siap dalam menghadapi berbagai kemungkinan, diantaranya menghadapi banyaknya tugas dan mendadaknya ujian atau ulangan.

Dan sebagai pelajar, tugas utama kita adalah BELAJAR. Belajar juga ada tipsnya. Tips cara agar belajar kita bisa berarti dan tidak sia-sia percuma. Berikut ini tips cara mengenai cara belajar yang baik dan benar agar hasilnya maksimal.

Cara Belajar Yang Baik dan Tepat Efektif
Untuk menjadi seseorang yang pandai dan pintar ataupun cerdas, pastinya perlu suatu tindakan nyata yaitu giat dan tekun belajar. Bagaimana cara belajar yang baik efektif dan tepat untuk murid atau siswa.

Banyak yang bertanya, Kapan waktu yang tepat agar hasilnya juga maksimal? Nah, ini akan berhubungan dengan tips cara belajar yang pertama. Pilih waktu belajar yang tepat untuk diri anda sendiri. Kenapa saya bilang untuk anda sendiri? Karena setiap orang memiliki waktu dan kegiatan yang berbeda. Kepadatan atau jadwalnya pun berbeda-beda. Jadi, setiap orang bisa menentukan sendiri kapan waktu yang paling tepat untuk belajar. Entah anda ingin memilih pagi, sore atau malam hari. Semua sesuai dengan kondisi yang ada.

Tips cara belajar yang baik dan benar kedua, belajar secara rutin setiap hari. Sebaiknya cara belajar yang baik di lakukan setiap hari, walaupun dengan waktu yang tidak lama. Misalnya 1 atau 2 jam setiap hari. Belajar sebentar secara rutin jika dibandingkan belajar lama tapi hanya sekali saja, hasilnya akan sangat berbeda. Di luar sana banyak sekali siswa, bahkan saya pun pernah melakukannya. Sistem yang digunakan kebanyakan pelajar adalah SKS. Apa’an tuh? SKS, Sistem Kebut Semalam. Jadi belajarnya kalau mau ada ulangan aja. Kalau tidak ada ya nggak belajar. Ini adalah cara yang salah. Jangan ditiru ya! Ubah kebiasaan ini sejak dini.

Tips ketiga, jangan belajar saat ngantuk. Belajar di saat mengantuk tidak akan berbuah hasil. Kalaupun ada hasil, hasilnya pun hanya berkisar 2-3% saja. Jadi ketika anda sudah mengantuk berat, jangan pernah memaksakan untuk belajar.

Tips keempat, belajar setelah bangun tidur. Ini kelanjutan dari tips ketiga tadi. Jangan difikir kita tidur terus tanpa belajar. Setelah bangun tidur, usahakan untuk belajar. Biasakan ini! Kenapa? Karena ketika setelah bangun tidur, fikiran kita masih fresh dan segar, belum ada beban lain. Jadi jika kita gunakan untuk belajar, InsyAllah akan membuahkan hasil yang cukup signifikan. Biasakan belajar di waktu seperti ini.

Demikian sedikit tips dari saya. Silakan baca juga artikel lainnya mengenai tips belajar yang baik dan tips menghadapi ujian ataupun ulanganmendadak. Semoga bermanfaat.
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :