Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Apa Bedanya SNMPTN dan BidikMisi?

Sebagai siswa kelas 12 SMA yang masih awam dengan berbagai istilah seleksi masuk perguruan tinggi, tentulah akan banyak muncul pertanyaan seputar dunia kuliah ataupun seleksi masuknya. Pernah suatu ketika saya jalan-jalan di sebuah grup yang banyak sekali melontarkan pertanyaan ketika ada yang posting. Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah apakah SNMPTN dan Bidikmisi itu berbeda atau sama? Jawabannya sangat singkat. Berbeda.

Kemudian ada yang melontarkan pertanyaan kembali. Apa perbedaan snmptn dan bidikmisi? Nah, untuk pertanyaan ini agak membutuhkan jawaban dan penjelasan. Sebenarnya jawaban paling tepat dan singkatnya mengenai perbedaan snmptn dan bidikmisi, yaitu “SNMPTN adalah jalur masuknya, sedangkan bidikmisi adalah beasiswanya”

Mari kita bahas!
SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jadi dalam satu kategori yaitu jalur masuk, seperti SBMPTN, UMPTN, PMDK, dan lain-lain. Sedangkan bidikmisi adalah beasiswanya.

Bidikmisi bukanlah jalur masuk. Bidikmisi adalah beasiswa yang diberikan kepada peserta snmptn, sbmptn, ataupun umptn yang sudah mendaftar atau didaftarkan ke situs bidikmisi yang berhasil lolos ke perguruan tinggi negeri melalui jalur tersebut. Beasiswa bidikmisi akan diberikan kepada orang yang tidak mampu secara ekonomi namun punya prestasi akademik maupun non-akademik.

Sudah pahamkah? Atau mungkin ada yang ingin bertanya kembali? Mungkin ada yang ingin bertanya, apa perbedaan antara beasiswa tidak mampu, beasiswa prestasi, dan bidikmisi? Kenapa namanya bidikmisi? Kenapa tidak disebut sama seperti yang lain, beasiswa? Untuk menjawab pertanyaan ini, sudah ada jawaban dari pihak penyelenggara bidikmisi yang bisa anda akses di sini.

Jika ada pertanyaan lain, silakan layangkan atau kirimkan kepada admin melalui kolom komentar, akun facebook, sms, atau tanyakan langsung ke pihak bidikmisi. Sekian dan terimakasih.
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

22 komentar :