Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Tips Mencari dan Memilih Kos Yang Baik dan Benar

Hallo... Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh...
Senangnya bisa kembali berbagi dengan kalian semua. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips atau cara mencari dan memilih kos-kosan yang baik, tepat, dan benar. Agar tidak salah dan tidak kecewa nantinya.

Kos adalah hal mutlak yang harus dicari dan didapatkan oleh mahasiswa baru ataupun calon mahasiswa. Apalagi jika tidak memiliki saudara di dekat universitas dan/atau tidak memiliki rumah sendiri di daerah tersebut. Karena begitu pentingnya kos-kosan untuk mahasiswa, maka seharusnya kita bisa mencari dan memilih kos-kosan yang baik dan benar agar nanti tidak menyesal di kemudian hari.

Oke, langsung saja ke pembahasan tips menentukan kos-kosan yang baik dan benar.
1. Perhatikan dan Siapkan Target Budget untuk biaya kos per bulan
Ini adalah hal pertama yang harus dicermati dan dipersiapkan. Kalau untuk yang punya uang banyak sih no problem. Tapi untuk yang pas-pas’an ya jelas ini menjadi persoalan yang sangat vital. Jadi, langkah pertama anda harus siapkan target budget sesuai kemampuan ekonomi anda dan keluarga anda. Ini untuk menghindari anda memilih kos dengan biaya sewa yang melebihi kemampuan anda. Tapi usahakan untuk memasang target budget yang normal atau yang sedang-sedang saja.

2. Perhatikan Fasilitas yang ditawarkan Pemilik Kos
“Ono rego, ono rupo”. Mungkin ini adalah kalimat yang sangat cocok dan masih bisa dipertahankan keabsahannya. Kalimat dalam bahasa jawa ini maksudnya adalah untuk harga sewa kos yang murah terkadang fasilitasnya sangat kurang jika dibandingkan dengan kos yang harga sewanya sedang ataupun mahal.
Nah, jika fasilitas yang tidak ada itu hanya fasilitas pendukung, tidak masalah, tapi jika anda benar-benar membutuhkan fasilitas itu sebaiknya carilah kos yang menyediakan fasilitas tersebut dengan harga yang masih bisa anda jangkau.

3. Perhatikan keramahan pemilik kos
Keramahan pemilik kos juga penting untuk diperhatikan dicermati. Karena tidak semua orang mempunyai sikap dan sifat yang sama. Usahakan untuk mencari kos yang pemiliknya mudah bersosial, mudah akrab. Jika nanti bisa akrab kan enak, jadi seperti saudara atau keluarga sendiri sehingga kita bisa betah lama-lama berada di kos serasa seperti di rumah.

4. Perhatikan kebersihan kos
Jangan cuma lihat harga yang murah, tapi juga perlu memperhatikan kebersihan kos. Nantinya kita akan cukup lama menempati kos itu, jadi alangkah baiknya jika kos yang kita tempati terjaga kebersihannya, sehingga kita bisa betah dan merasa nyaman menempatinya.

5. Tingkat Keamanan Kos dan Wilayah Sekitar
Tidak perlu mencari kos yang dijaga satpam. Cukup cari kos yang berada di wilayah yang aman dari gangguan, seperti pencurian, penjambretan, dll. Tapi alangkah baiknya jika keduanya ada, yaitu daerah aman dan dijaga satpam. Ini akan lebih membuat kita merasa aman.

6. Jarak dari Kampus
Nah, ini juga penting lho. Mentang mentang cari yang murah, trus malah cari yang jaraknya jauh banget sampai 10 km. Itu sama saja kayak nggak ngekos. Carilah kos yang jarak tempuh ke kampus sekitar 0-10 menit. Sekitar 1-3km. 3 km itu sudah cukup jauh menurut saya. Usahakan lebih dekat. Tapi, semakin dekat dengan kampus, biasanya biaya sewanya semakin mahal. Jadi, pertimbangkan baik-baik!

7. Pencahayaan yang cukup
Ini penting! Pencahayaan bisa membuat suasana kos menjadi lebih nyaman. Selain itu, jika pencahayaannya baik atau cukup, ini akan menghindarkan dari kelembaban. Jika kos yang kita tempati tidak menjadi lembab, maka kos akan terhindar dari tumbuhnya jamur.
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :