Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Tidak Lolos SNMPTN dan Gagal SBMPTN. Tips Menghadapi UMPTN (Ujian Mandiri)

Mungkin diantara kalian ada yang kemarin tidak lolos ketika seleksi jalur undangan atau SNMPTN. Kemudian kalian mencoba mengikuti jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang hasilnya sudah bisa dilihat kemarin. Nah, mungkin sebagian besar yang membaca tulisan saya ini adalah orang-orang yang mengalami kegagalan ganda yaitu di SNMPTN dan SBMPTN kemarin. Sebenarnya kalian bukan orang yang gagal, hanya saja kalian kurang beruntung. Atau mungkin juga keberhasilan kalian akan muncul di jalur lain.

Nah, oleh karena itu, untuk menghadapi situasi yang mungkin bisa saja membuat kalian frustasi ini, saya akan berbagi beberapa tips untuk kalian. Yang pertama adalah tips untuk menghadapi situasi akibat kegagalan dalam jalur Seleksi Nasional maupun Seleksi Bersama. Saya tidak akan menasehati kalian. Jangan anggap ini sebagai nasihat, tapi anggaplah sebagai ajakan untuk #BerfikirPositif.


Pertama, jangan anggap ketidaklolosan anda di jalur SNMPTN dan SBMPTN sebagai suatu kegagalan. Anggaplah itu sebagai keberhasilan yang tertunda. Masih ingat dengan kata mutiara ini “Kegagalan merupakan Kesuksesan Yang Tertunda”. Jadi, anda akan mendapatkan kesuksesan itu. PASTI. Yakinlah! Jika anda belum lolos melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN, anda harus yakin bahwa anda akan LOLOS di jalur UJIAN MANDIRI atau UMPTN ataupun jalur yang lain. Jadikan kegagalan sebagai penyemangat anda menuju keberhasilan!


Kedua, intropeksi diri. Kenapa saya bilang “Intropeksi diri”? Karena sebagai manusia, kita pasti pernah melakukan sesuatu yang terkadang diluar kendali kita. Misalnya, sebelum SNMPTN dan SBMPTN mungkin kita pernah melakukan kesalahan kepada orang lain. Dan mungkin orang itu menyimpan dendam kepada kita. Maka, dendam itu bisa menjadi penghambat keberhasilan kita. Solusinya, minta maaflah kepada orang-orang yang pernah kita sakiti. Jenis intropeksi diri yang lain, mungkin kita kurang dekat kepada Tuhan. Banyaklah berdo’a agar diberikan yang terbaik. Namun, jika anda sudah melakukan hal ini dan akhirnya tidak lolos, itu berarti jalan yang anda ambil bukan jalan yang terbaik. Masih ada jalan lain yang lebih baik nanti.


Ketiga, cari titik kesalahan. Maksudnya? Sebagian besar faktor yang menyebabkan ketidaklolosan kita di jalur SNMPTN dan SBMPTN adalah kesalahan kita memilih Universitas atau Perguruan Tinggi dan Program Studi atau Jurusan. Coba pikirkan kembali apakah anda sudah memilih universitas dan prodi dengan pertimbangan yang mantab. Pertimbangan-pertimbangan itu misalnya kesesuaian jurusan dengan minat, kesesuaian jurusan tujuan dengan jurusan asal, kemampuan akademik dalam bidang sesuai jurusan, jumlah kuota, daya tampung dan peminatnya, dan lain sebagainya.

“Jadi, untuk apa mengambil sesuatu yang tinggi jika kita tidak mampu? Lebih baik kita mengambil sesuatu yang tidak terlalu tinggi, kemudian kita berusaha membuatnya lebih tinggi dari sebelumnya.” Aditia Prasetio


Sekian tips dari saya, silakan anda baca juga artikel yang lain.
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :