Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Sepuluh Daftar Program Studi Paling Diminati di SBMPTN 2014

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Pada SBMPTN 2014 kemarin, yang diikuti oleh ribuan atau bahkan jutaan peserta calon mahasiwa, berjalan dengan lancar. Dari sekian banyak peserta, bisa dipastikan mereka memilih program studi yang berbeda-beda. Ada yang Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan lain sebagainya. Nah, dari sekian banyak pilihan, bisa diambil suatu kesimpulan rekapitulasi bahwa ada 10 daftar nama program studi atau prodi yang menjadi pilihan terfavorit peserta SBMPTN 2014.

Jurusan ilmu praktis masih menjadi favorit para peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014. Hal itu terlihat dari daftar sepuluh program studi (prodi) yang paling diminati dalam SBMPTN 2014.
Berikut ini kesepuluh daftarnya.
A. Rumpun Saintek:
1. Teknik Informatika (ilmu komputer/ sistem informasi/ sistem komputer/ teknik komputer).
2. Pendidikan Dokter.
3. Teknik Sipil.
4. Psikologi.
5. Farmasi.

B. Rumpun Sosial Humaniora:
1. Manajemen.
2. Akuntansi.
3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
4. Hukum.
5. Ilmu komunikasi.

Sekarang kita kritisi, kenapa jurusan teknik informatika muncul di urutan teratas? Hal ini bisa dilihat sebagai bentuk pemikiran praktis para peserta dan juga merupakan hasil dari perkembangan zaman. Sebagaimana yang dipaparkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso dalam jumpa pers di Sari Pan Pasific Hotel, Rabu (16/7/2014-Sumber Kompas.com)
"Teknologi Informatika jadi populer karena sesuai dengan zamannya. Kebutuhan saat ini dari masyarakat apa? Bahasa lainnya, siswa ingin jurusan yang nantinya mudah dapat pekerjaan,"

Selain Teknologi Informatika, jurusan Pendidikan Guru SD, atau biasa disingkat PGSD, yang muncul di jajaran lima besar jurusan soshum paling diminati, juga menarik perhatian.
"Ini juga berhubungan dengan alasan praktis. Penghasilan guru sudah cukup baik, bahkan di beberapa daerah, lebih besar dari dosen. Lalu kenapa harus mengajar SD? Karena murid SD banyak jadi kesempatan mengajar lebih besar," kata Djoko.
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

Tidak ada komentar :