Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Jurusan dan Program Studi Favorit Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia

Berdasarkan data 2013, jumlah peserta SNMPTN dan SBMPTN meningkat 100% jika dibandingkan tahun tahun sebelumnya. Begitu juga pada tahun 2014. Dari dua jalur seleksi ini, 1.3 juta peserta sudah mengikuti tes. Dari berbagai jurusan yang disediakan masing-masing PTN, ada beberapa jurusan yang menjadi favorit pilihan kebanyakan calon mahasiswa baru.

Berdasarkan informasi yang dilansir metrotvnews.com, jurusan Sains dan Teknologi (Saintek) menjadi pilihan terfavorit di Indonesia yaitu mencapai 40%. Sedangkan di peringkat kedua ada jurusan Sosial Humaniora (Soshum) yaitu mencapai 40% tapi lebih sedikit dari Saintek. Sisanya, 20%, merupakan jurusan campuran.

Untuk program studinya, yang menjadi incaran calon mahasiswa baru tahun 2013, untuk bidang Sains dan Teknologi antara lain Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Elektro, dan Kedokteran. Sedangkan untuk bidang Sosial Humaniora antara lain Akuntansi, Manajemen, Komunikasi, dan Hubungan Internasional.

Pada masing-masing daerah dan universitas, terdapat perbedaan tingkat peminat. Misalnya, di Universitas Indonesia (UI), jurusan yang paling banyak diincar adalah Kedokteran, Teknik Kimia, Teknik Industri, Komunikasi, Hubungan Internasional, dan Akuntansi. Maka jika ingin masuk ke jurusan tersebut, harus berani dan siap bersaing dengan peminat yang membludak.

Contoh lain di Universitas Padjajaran (Unpad), jurusan yang paling diminati oleh peserta tes (SBMPTN) adalah jurusan Komunikasi. Sedangkan di Institute Teknologi Bandung (ITB) adalah jurusan Teknik Perminyakan dan Pertambangan, Teknik Elektro, dan Teknik Industri. Di UNJ atau Universitas Negeri Jakarta, jurusan yang menjadi minat utama yaitu Pendidikan Keguruan, Komunikasi, Akuntansi, dan Manajemen.

Lain halnya dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Islam. Di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, yang menjadi pilihan terfavorit bagi peserta tes SBMPTN adalah Fakultas Tarbiyah (Keguruan), Pendidikan Kedokteran, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi.

Perbedaan minat ini mungkin didasarkan pada aspek kebutuhan lapangan pekerjaan yang berbeda-beda pula. Maka dari itu, apa pun jurusan yang akan anda pilih, hal yang paling penting dan diperhatikan adalah anda sudah memiliki persiapan yang matang dalam menghadapi SBMPTN.
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

3 komentar :