Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Ide Usaha Sampingan Yang Bisa Dilakukan Oleh Mahasiswa Kuliah Sambil Kerja

Sebagai seorang mahasiswa, kita dituntut untuk hidup mandiri. Sebenarnya tidak ada yang memaksa sih, tapi setidaknya hal itu sudah tersirat di benak mahasiswa. Kita dituntut hidup mandiri, mulai dari ngekos, masak, cuci piring, cuci baju, jemur pakaian, bersih-bersih kamar kos, cari tambahan uang saku, dan lain-lain.

Meskipun terkadang masih banyak yang tidak melakukan hal ini, yaitu dengan menggunakan jasa. Beli makanan di warung makan, cuci baju di tempat laundry pakaian, dan lain sebagainya. Kebiasaan ini sebaiknya dihindari agar kita bisa mencoba hidup mandiri.

Nah, salah satu yang cukup penting dari kegiatan-kegiatan di atas adalah mencari uang saku tambahan. Bagaimana caranya? Ya jelas dengan bekerja atau membuka usaha. Tipsnya, carilah pekerjaan yang paruh waktu dan tidak mengganggu jadwal kuliahmu. Jangan sampai gara-gara cari uang saku tambahan, malah kuliah terabaikan.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa contoh ide usaha yang bisa dikerjakan atau biasa dikerjakan oleh mahasiswa sebagai kegiatan sampingan untuk mencari uang saku tambahan.

  1. Jual jasa sesuai kemampuanmu secara online maupun offline
Saya yakin semua mahasiswa mempunyai kemampuan atau bakat serta pengetahuan. Nah, kita harus memanfaatkannya. Misalnya, anak Teknik Informatika, setidaknya mempunyai kemampuan membuat sebuah program tertentu. Contoh paling sederhana yang pernah saya lakukan adalah menggunakan Ms.Office.
Ms.Office ada beberapa kan? Ada Word, Excel, Powerpoint, dan lainnya. Nah, dengan Excel kita bisa membuat desain mirip aplikasi. Di dalam excel pun disediakan fitur macro yang fungsinya mirip tombol-tombol pada software utama. Kita pelajari itu, dan kita kembangkan menjadi sebuah program turunan. Tapi, mungkin tidak semua orang bisa melakukan ini.
Contoh lainnya, menggunakan Powerpoint. Kita bisa mendesain template atau tema untuk presentasi powerpoint. Kemudian kita bisa mengshare ataupun menjualnya kepada orang lain yang tertarik. Buatlah desain se-menarik mungkin dan se-kreatif mungkin agar calon pembeli tertarik untuk menggunakannya.
Contoh lainnya lagi, menggunakan Word. Hah? Untuk apa? Nah, asalkan kita bisa mengetik di word, kita juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Kita buka “Jasa Rental Ketik”. Jadi tugas kita hanya mengetik tugas atau makalah yang sudah disiapkan dari calon pembeli.

  1. Desain dan jual kaos (sablon), jaket, dan lainnya secara online maupun offline
Ini adalah ide yang sering digemari oleh mahasiswa. Kita hanya perlu mendesain gambar yang akan dicetak di permukaan kaos ataupun jaket. Kita bisa mendesain menggunakan Corel Draw ataupun aplikasi lainnya. Kemudian, share ke sosial media atau blog.
Ada dua sistem dalam hal ini. Pertama, sistem pre-order. Sistem ini memakan waktu cukup lama bagi calon pembeli, yaitu waktu pengerjaan ditambah waktu pengiriman. Jadi, kita siapkan desain, share, pembeli tertarik, kita baru mencetak gambar di kaos. Sistem ini menghindarkan kita (penjual) dari kerugian.
Kedua, sistem stock ready. Jadi, kita desain, cetak gambar di kaos, kemudian kita share. Jika ada yang berminat, barang langsung dikirim. Dari segi pembeli, ini hanya memakan waktu pengiriman saja.
Apakah kita (penjual) harus membeli printer, tinta, dan bahan-bahannya sendiri? Di jaman yang semakin modern ini, semua bisa dilakukan meskipun tidak memilikinya. Di internet banyak tersebar situs penyedia layanan percetakan kaos, jaket, dan lain sebagainya. Jadi, kita hanya perlu membuka situsnya, mengirim desainnya, kemudian kita pesan dan barang akan dikirimkan kepada anda atau kepada calon pembeli anda. Untuk masalah harga, bisa disesuaikan sendiri, tergantung dari jenis bahan dan jenis percetakannya.

  1. Desain dan jual souvenir secara online maupun offline
Prinsipnya sama dengan nomor 2. Hanya saja barangnya berbeda, yaitu berupa souvenir ataupun kerajinan tangan. Misalnya, pin mug, id card, flashdisk card, flashdisk jam, boneka, lampu hias, dan lain sebagainya.

  1. Bekerja di penyablonan kaos, dll
Kita bisa bekerja di tempat penyablonan kaos, jaket, atau yang lain. Tapi ingat! Harus mengatur waktu.

  1. Jadi blogger yang sukses
Ini adalah impian saya, tapi entah ini bisa terwujud atau tidak. Tapi, saya berharap semuanya akan terwujud. Sebagai seorang blogger, tugas kita adalah membuat email, membuat blog, mengisinya dengan posting yang sering dicari oleh orang banyak, menaikkan pagerank, menduduki peringkat satu di pencarian google. Semua itu butuh perjuangan. Tapi jika kita benar-benar menekuninya, kita bisa mendapatkan hasil yang cukup menggiurkan. Kita bisa mendapatkan penghasilan dengan membuka space iklan di blog kita. Kita tawarkan kepada calon pembeli, kemudian kita mendapatkan uang setiap bulan ataupun setiap tahun dari pemasangan iklan tersebut.
Kita juga bisa memanfaatkan Google Adsense jika memang nantinya blog kita ter-approve. Tapi jika tidak ya jangan putus asa. Tetap berusaha. Intinya, berbagilah kepada orang lain di blog secara ikhlas dengan perasaan senang hati serta tulus. Bukan karena terpaksa.


Mungkin hanya itu yang bisa saya berikan mengenai tips ide usaha sampingan yang dapat dikerjakan oleh seorang mahasiswa. Jika ada tambahan, nanti pasti saya publikasikan lagi.
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

1 komentar :