Pendaftaran

[Pendaftaran][bleft]

Faktor Yang Menyebabkan Peserta SNMPTN Tidak Lolos SNMPTN

Ketika posting ini di publikasikan, diantara kalian ada yang sudah tenang karena diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang diinginkan. Tapi, di sisi lain ada yang sedang bingung, karena belum mendapatkan Perguruan Tinggi, alias tidak lolos SNMPTN.

Di sini saya akan membahas beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kenapa ada yang tidak lolos SNMPTN.
1. Peminat yang membludak, sedangkan kuota hanya sedikit
Coba saja kita bayangkan, kuota (snmptn) itu sekitar 50% dari kuota keseluruhan. Misalnya PTN “A” menyediakan kuota keseluruhan 100 orang, maka kuota untuk SNMPTN adalah 50 orang. Nah, kuota yang hanya 50 ini diperebutkan oleh ratusan bahkan ribuan orang. Sehingga peluang untuk diterima pun menjadi semakin kecil.
Jadi, hati-hatilah ketika memilih PTN dan jurusannya. Meskipun PTN nya sama, tapi jurusannya berbeda, itu sudah menjadikannya beda. Kita harus memilih sesuai kemampuan kita, juga sesuai minat dan bakat kita. Jangan terlalu memaksakan kehendak.

2. Akreditasi Sekolah
Hal ini berpengaruh lho. Beneran. Jadi, misalnya ada 2 peserta SNMPTN (nilainya sama), yang satu berasal dari sekolah dengan akreditasi A, sedangkan yang satunya dari sekolah dengan akreditasi B, maka yang lebih diutamakan adalah yang akreditas A. Kesimpulannya, ada poin tambahan berdasarkan akreditas sekolah.

3. Asal Sekolah Negeri atau Swasta?
Hal ini juga mungkin berpengaruh, meskipun mungkin hanya beberapa universitas saja yang menerapkannya. Jadi, biasanya untuk PTN akan mengutamakan memilih calon mahasiswa dari sekolah yang Negeri. Sama halnya dengan akreditas sekolah, siswa dari sekolah negeri akan mendapatkan poin tambahan dibandingkan dengan sekolah swasta. Namun, ini mungkin hanya berlaku di beberapa universitas saja.

4. Jejak Alumni Sekolahmu di PTN pilihanmu
Maksudnya gimana? Misalnya, Alumni (kakak kelasmu) SMAN 1 “A” yang melanjutkan ke Universitas Diponegoro. Jika hasil yang dicapai kakak kelasmu di PTN ini baik, maka kamu mendapatkan poin tambahan, tapi jika sebaliknya, ya tentu saja akan mendapatkan pengurangan poin. Seperti itulah.

5. Sistem Blacklist
Apa itu sistem blacklist? Sistem blacklist adalah sistem yang memblokir atau langsung tidak menerima peserta SNMPTN yang berasal dari sekolah tertentu. Kenapa hal ini bisa terjadi? Biasanya karena banyak kakak kelas yang mendaftar di PTN tertentu. Dia diterima, tapi tidak diambil. Itu akan mengurangi poin, bahkan bisa diberi sangsi blacklist tanpa ada pemberitahuan ke sekolah itu. Selain itu, juga Jejak Alumni (no.4 tadI). Jadi, jika ada alumni (kakak kelasmu yang ada di PTN tertentu) yang pernah mencetak keburukan atau melakukan tindakan kriminalitas atau prestasinya sangat buruk, maka itu juga akan berpeluang besar mengurangi poin atau bahkan di blacklist.

6. Setiap sekolah biasanya diberi kuota tertentu dari PTN tertentu
Biasanya PTN sudah menetapkan kuota untuk sekolah-sekolah tertentu. Misalnya, ada sekolah yang alumninya baik ketika di PTN itu, maka itu akan berpeluang menambah kuota penerimaan untuk tahun berikutnya (adik kelasnya). Begitu juga sebaliknya.

7. Ada ketentuan yang belum dibaca ketika mendaftar
Biasanya peserta SNMPTN hanya mengisi data yang ada di website http://snmptn.ac.id . Padahal, ada kemungkinan bahwa di PTN tertentu diharuskan mengisi data lagi di website PTN itu sendiri. Sehingga, yang seharusnya diterima, menjadi tidak diterima. Jadi, kita harus mengecek ke website PTN tujuan kita. Apakah ada syarat atau prosedur lain yang harus dilakukan ataukah tidak.

8. Faktor Bejo (Keberuntungan)
Semua hal di dunia ini tidak akan lepas dari faktor “bejo”. Mungkin nilai kita jelek, tapi saat penyeleksian sistemnya sedang eror atau gimana, maka bisa jadi kita dinyatakan lolos.

Ya begitulah. Banyak sekali kemungkinan yang terduga maupun tak terduga terjadi di SNMPTN. Yang biasanya pandai, rangking 3 besar, tapi belum tentu bisa lolos SNMPTN. Yang biasanya tidak terlalu pandai, bisa saja diterima (lolos). Karena ada banyak sekali faktor-faktor penentunya. Beberapa faktor itu sudah saya jabarkan sedikit di atas tadi. 

Demikian semoga bermanfaat. Terimakasih.

Keyword : gagal snmptn, faktor penyebab kegagalan snmptn, faktor tidak lolos di snmptn, cara lolos snmptn, tips cara lolos snmptn, tidak ingin gagal snmptn, snmptn 2015, 2016, 2017, 2014, 2013, sbmptn, umptn, kuliah gratis, pengen kuliah
Aditia Prasetio

Pengen Kuliah ~ Follow us @ Line Official @ bit.ly/infokuliah

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus
  • Blogger Comment using Blogger

3 komentar :